Bisnis kosmetik
30 Dec 2022

Tips Kembangkan Bisnis Kosmetik untuk Keuntungan Lebih Besar

Persaingan bisnis kosmetik di zaman sekarang ini semakin ketat. Kalau kamu tidak mengambil langkah pengembangan, maka bisa kalah saing. Pakailah kredit tanpa agunan dari bank sebagai modal untuk mengembangkan bisnis ini secara efektif.

Jika dikembangkan dengan langkah yang tepat dan modal yang memadai, maka bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Bahkan tidak sulit untuk bertahan dan bersaing dengan kompetitor lainnya.

Tips Mengembangkan Bisnis Kosmetik

Setiap jenis bisnis memang punya tantangan yang berbeda dalam proses pengembangannya. Begitu juga untuk jenis bisnis kosmetik ini. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membantu pengembangan bisnis kosmetik:

  • Lakukan Branding

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis adalah branding. Dalam teknik pengembangan bisnis ini, kamu perlu memperkuat branding yang sudah kamu lakukan sebelumnya.

Misalnya kamu bisa mengubah konsep logo agar lebih menarik, meningkatkan interaksi di media sosial, dan lain sebagainya. Branding ini dilakukan untuk meningkatkan brand awareness dan kredibilitasmu di mata audiens.

  • Ciptakan Produk yang Berbeda

Cobalah untuk menciptakan produk yang berbeda. Jika sebelumnya kamu sudah merilis produk ke pasaran maka buatlah lagi produk yang berbeda dan menarik perhatian. Kembangkan produk yang lain dari kompetitor dan punya inovasi tersendiri.

Hal ini mungkin terdengar mudah padahal dibutuhkan usaha keras dan perencanaan yang matang. Pengembangan produk bukanlah hal yang bisa dilakukan dalam sekejap mata. Jadi rencanakan baik-baik dan hadirkan produk yang berbeda ke tengah publik.

Dalam hal ini kamu perlu melihat situasi pasar khususnya di tengah kompetitor. Perhatikan produk-produk kosmetik yang dikeluarkan oleh kompetitor. Dari situ kamu bisa mencari celah dan menghadirkan produk yang berbeda sehingga terlihat menarik.

  • Tawarkan Promosi yang Menarik

Cobalah untuk memberi penawaran promosi yang menarik. Promosi ini tidak hanya perlu dilakukan secara intens tapi juga harus bervariasi agar tidak terasa membosankan di mata konsumen.

Misalnya, kamu sudah sering menawarkan promosi berupa diskon atau potongan harga. Maka ubahlah promosi tersebut dengan penawaran bundling produk. Bisa juga dengan memberikan bonus barang lain yang disukai konsumen.

  • Buat Toko Offline

Jika sebelumnya kamu fokus menjual produk kosmetik secara online maka buatlah toko offline. Toko offline ini bisa memberi pengaruh besar dalam angka penjualan bisnismu. Jika diperluas ke toko-toko offline maka target pasarmu akan jadi lebih besar.

Tapi memang dibutuhkan modal yang cukup besar untuk membuat toko offline. Tidak masalah selama kamu bisa membuat perencanaannya dengan baik. Kamu juga bisa menggunakan KTA dari bank untuk digunakan sebagai modal.

Apa itu kredit tanpa agunan atau KTA? Ini merupakan produk kredit yang tidak membutuhkan agunan atau jaminan apapun. Cocok sekali digunakan untuk modal pengembangan usaha seperti apa yang kamu inginkan.

  • Perluas Target Pasar

Selanjutnya kamu bisa memperluas target pasar. Jika kamu ingin bisnis berkembang maka jangkauannya harus lebih luas. Selain itu penjualannya juga harus terus ditingkatkan.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar target pasarmu bertambah semakin luas. Misalnya saja dengan menambah jumlah marketplace yang kamu pakai. Bisa juga dengan memperbanyak cabang toko offline, dan lain sebagainya.

Strategi Pemasaran Bisnis Kosmetik

Pengembangan bisnis kosmetik ini sangat dipengaruhi oleh strategi pemasaran yang kamu terapkan. Jika memang ingin bisnis berkembang maka teknik pemasarannya harus tepat. Berikut ini beberapa strategi pemasaran bisnis kosmetik yang bisa diterapkan:

  • Gandeng Influencer

Cobalah untuk menggandeng beauty influencer dalam upaya memasarkan produk kosmetik yang kamu jual. Ini adalah salah satu strategi yang sangat jitu karena sebagian besar orang di zaman sekarang dipengaruhi oleh influencer media sosial.

Kamu bisa menjalin kerja sama endorsement dengan mereka. Lebih bagus lagi kalau kamu bisa menjalin kolaborasi dan menghasilkan produk bersama. Ini bisa meningkatkan brand value sekaligus meningkatkan jangkauan pasar.

  • Lakukan Giveaway

Cobalah mengadakan giveaway lewat media sosial. Ini juga jadi strategi marketing yang dianggap jitu oleh banyak pebisnis. Siapa memang yang tidak ingin mendapatkan produk atau hadiah cuma-cuma?

Jika kamu sudah membangun akun bisnis di media sosial maka cobalah untuk berinteraksi dengan followers. Selanjutnya kamu bisa mengadakan giveaway yang bisa meningkatkan engagement dan menarik minat target audiens.

Lewat giveaway ini kamu bisa memperkenalkan produk-produk baru. Kamu juga bisa mengangkat produk lama yang mungkin kurang diminati di pasaran.

  • Berikan Penawaran Bundling

Cobalah untuk menjual produk dengan sistem bundling atau paket. Ini juga jadi salah satu strategi pemasaran yang perlu dicoba. Apalagi untuk jenis produk yang kurang laku di pasaran.

Kamu bisa membuat paket bundling dengan menyatukan produk laris dan produk yang kurang diminati. Ini jauh lebih efektif untuk meningkatkan angka penjualan. Pastikan kamu memberi penawaran harga menarik untuk produk bundle tersebut.

  • Manfaatkan Konten di Media Sosial

Jangan lewatkan peran media sosial dalam usaha pemasaran produk. Kamu bisa memanfaatkan konten-konten di media sosial sebagai media promosi yang efektif. Apalagi sekarang konten di media sosial semakin beragam jenisnya dan fiturnya pun semakin lengkap.

Misalnya saja lewat Instagram, kamu bisa membuat reels dan story yang menarik. Jenis kontennya bisa bervariasi mulai dari konten edukasi, hiburan, atau murni promosi produk.

Kreativitas tentu saja sangat dibutuhkan dalam hal ini karena sekarang semakin banyak pembuat konten yang muncul di media sosial. Jadi pastikan kamu punya tim kreatif untuk menyusun konten-konten promosi yang menarik dan bisa meningkatkan engagement.

Kredit Tanpa Agunan untuk Mengembangkan Bisnis Kosmetik

Pengembangan bisnis kosmetik ini memang bisa berjalan lebih mudah kalau ada modal. Anda bisa mengandalkan modal dari produk KTA digibank KTA karena terpercaya dan menawarkan berbagai keunggulan.

Kreditnya bisa diajukan secara online 24 jam lewat go.dbs.com/kta atau melalui Aplikasi digibank by DBS. Proses approval kredit secepat kilat hanya 60 detik dan dana kredit bisa langsung dicairkan hingga Rp200 juta.

Kamu juga bisa mengatur nominal kredit semaumu. Produk kredit tanpa agunan ini juga menawarkan tenor cicilan yang fleksibel sampai 36 bulan dan tidak perlu dokumen fisik apapun saat pengajuan.

Persyaratan pengajuan kredit ini juga sangat praktis. Kamu hanya perlu punya e-KTP dan NPWP serta berpenghasilan minimal Rp5 juta. Pastikan juga kamu berdomisili di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Semarang, dan Bandung.

Kredit tanpa agunan dari digibank by DBS ini sangat mudah untuk didapatkan. Cocok untuk dijadikan modal pengembangan bisnis kosmetik karena syaratnya mudah dan cairnya pun cepat. Jadi tak perlu menunggu lebih lama lagi, lakukan pengajuan sekarang. Dapatkan informasi selengkapnya sekarang juga di sini.