Syarat Membuat Kartu Kredit Online yang Harus Diketahui
20 Feb 2022

Syarat Membuat Kartu Kredit Online yang Harus Diketahui

Syarat membuat kartu kredit yang semakin mudah memang membuatnya menjadi penghuni tetap di dompet. Dulunya, kartu kredit memang dianggap sebagai bagian lifestyle berkelas atas dan hanya dimiliki oleh mereka yang memiliki pendapatan tinggi.

Namun, dengan berbagai keuntungan yang dimilikinya, hingga syarat mengajukan yang semakin mudah, banyak orang yang lebih banyak memiliki kartu kredit bahkan menjadi sebuah bagian yang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sekarang ini.

Terlebih lagi, di samping semakin banyaknya orang yang menggunakan kartu ini, pihak bank terus menerus memberikan terobosan. Salah satu terobosannya adalah mengeluarkan kartu kredit online.

 

Keuntungan Memiliki Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit tentu saja memberikan sejumlah keuntungan. Berikut berbagai macam keuntungan yang bisa kamu rasakan ketika menggunakan kartu kredit, antara lain:

  1. Praktis sekaligus nyaman
    Kartu kredit bisa memberi kepraktisan serta kemudahan kita sebagai pemegangnya. Kita tidak perlu membawa uang tunai dengan jumlah banyak di dalam tas. Bahkan, ketika tidak memiliki uang cash, kita juga tidak perlu cemas harus cari mesin ATM untuk menarik cash.
    Tentu saja hal ini bisa menghemat tenaga dan waktu. Kamu juga bisa merasakan pengalaman belanja yang lebih nyaman, aman dan mudah.
  2. Memiliki berbagai manfaat tambahan
    Baik kartu kredit online maupun yang sudah memiliki bentuk fisik, keduanya sama-sama memiliki berbagai macam program serta poin khusus setiap kita berbelanja. Contohnya saja seperti cashback, rewards point, diskon tambahan hingga gratis iuran tahunan.
    Bahkan, tidak sedikit kartu kredit yang memberikan penawaran bunga rendah untuk kartu yang masih baru. Menarik, bukan?
  3. Dapat melacak pengeluaran dengan mudah
    Pengeluaran terkadang tidak sesuai dengan rencana yang sudah kita buat, bahkan meskipun telah menyusun anggaran ketat setiap bulan. Di beberapa kasus, terkadang kita sulit melacak sebenarnya kemana larinya uang yang kita miliki.
    Tentu saja hal ini berbeda jika menggunakan kartu kredit untuk berbelanja. Pada tagihan kartu kredit, kamu bahkan dapat melihat dengan jelas berapa pengeluaranmu secara rinci serta apa barang yang sudah kamu beli.
    Dengan cara ini, kamu bisa melakukan evaluasi sehingga tidak mengulangi kesalahan di waktu berikutnya. Selain itu, dengan cara ini, belanja akan menjadi terkontrol. Mudahnya syarat membuat kartu kredit ditambah keuntungan ini, sayang rasanya jika melewatkannya begitu saja.
  4. Belanja bebas bunga
    Manfaat memiliki kartu kredit yang lainnya ialah berbelanja barang dengan harga mahal namun bebas bunga. Mengapa bisa demikian? Jika kamu menggunakan fasilitas cicilan 0% yang diberikan kartu kredit, tentu cicilanmu akan bebas bunga.
    Cicilan 0% yang diberikan kartu kredit merupakan fasilitas yang memungkinkanmu mengangsur pembayaran dengan jumlah tetap. Ketika membeli barang dengan skema cicilan 0%, nantinya uang tagihan belanja yang diberikan kepadamu tidak akan berubah.
    Contohnya saja kamu membeli handphone dengan harga Rp12 juta dengan jangka pembayaran 6 bulan. Setiap bulannya kamu harus mencicil Rp2 juta, sebanyak 6 kali. Oleh sebab itu, tidak ada bunga cicilan yang nantinya dikenakan.
    Penawaran inilah yang membuat banyak orang ingin memiliki kartu kredit. Apalagi, ditambah dengan syarat membuat kartu kredit yang mudah.
  5. Bisa merencanakan pengeluaran secara rutin
    Manfaat lain memiliki kartu kredit ialah bisa merencanakan pengeluaran rutin seperti membayar tagihan bulanan. Dengan adanya fasilitas ini, kita bisa lebih mudah untuk merencanakan keuangan pribadi.
  6. Transaksi online menjadi semakin mudah
    Berbelanja dengan cara online menjadi hal yang lazim dilakukan. Mengingat, marketplace sudah semakin banyak yang memberikan penawaran pembelian menarik. Baik untuk kebutuhan laki-laki maupun perempuan.
    Untuk melakukan pembayaran, selain bisa menggunakan transfer, menggunakan kartu kredit juga bisa digunakan. Bahkan, menggunakan kartu kredit bisa mempercepat transaksi sehingga kamu tidak akan kehilangan moment diskon atau promo yang menarik.
  7. Bisa membantu ketika dalam keadaan darurat
    Siapa saja tentu tidak ingin mengalami keadaan darurat, khususnya dalam hal keuangan. Sayangnya, terkadang keadaan darurat menjadi hal yang tidak dapat dihindari.
    Kartu kredit dapat digunakan sebagai alat yang membantumu melakukan pembayaran di berbagai macam kondisi, lebih-lebih ketika uang tunai tidak dimiliki. Alasan ini pula yang menjadikan kartu kredit semakin banyak digunakan, apalagi ditambah dengan syarat membuat kartu kredit yang mudah.
  8. Lebih aman
    Penggunaan kartu kredit memang tidak bisa terlepas dari penyalahgunaan. Namun tidak perlu khawatir karena sekarang menggunakan Kartu Kredit harus menggunakan PIN setiap kali bertransaksi.
    Bila kartu kredit yang kamu miliki hilang, kamu bisa segera melaporkan kehilangan kemudian pihak berwajib akan melakukan pemblokiran sehingga orang yang menyalahgunakan kartu tidak akan bisa menggunakan kartu kreditmu dan jangan lupa untuk mengupdate PIN Kartu Kreditmu secara berkala

 

Syarat Membuat Kartu Kredit Online

Dengan berbagai macam alasan di atas, kamu pasti menjadi semakin tertarik memiliki kartu plastik ini bukan. Biasanya, proses pembuatan kartu kredit, perbankan akan memprioritaskan mereka yang sudah memiliki kartu kredit sebelumnya.

Tetapi, kamu tidak perlu cemas karena untuk kartu kredit online, pengajuannya bisa menjadi lebih mudah. Namun, bukan berarti kamu bisa membuatnya tanpa mempertimbangkan syarat serta ketentuannya.

Berikut syarat apply kartu kredit online, antara lain:

  1. Pilih kartu kredit paling sesuai
    Sebelum membuat kartu kredit digital, kamu harus teliti serta memastikan jika kamu memilih kartu yang sesuai dan tepat. Cari kartu yang sesuai serta memberikan berbagai macam keuntungan.
    Kamu bisa bertanya pada customer service maupun melihat informasi yang berada di dalam website mengenai iuran tahunan, rewards serta berbagai fasilitas yang dimiliki. Selain itu, kamu juga dapat menghubungi customer service untuk menanyakan berbagai hal yang berkaitan dengan penerbitan kartu tersebut.
    Jangan lupa tanyakan syarat membuat kartu kredit serta keuntungan yang bisa diperoleh. Hal tersebut dilakukan ketika kamu memilih kartu kredit yang diterbitkan oleh bank tersebut.
  2. Mengisi formulir pengajuan
    Bila kamu sudah menemukan kartu kredit yang paling sesuai, kamu bisa mengisi data untuk melengkapi proses pengajuan. Nantinya, kamu harus mengisi formulir pengajuan dan berbagai macam syarat yang harus dipenuhi.
    Sebenarnya, syarat pengajuan kartu kredit digital antara satu bank dengan bank yang lainnya tidak begitu banyak memiliki perbedaan. Contohnya saja syarat usia serta pendapatan minimal yang harus dimiliki. Pada syarat membuat kartu kredit, usia minimal pemegang kartu adalah 21 tahun, sedangkan pendapatan minimal adalah Rp3 juta perbulan dan memiliki kartu kredit dari bank lain sebelumnya.
    Kamu juga harus menyiapkan slip gaji serta surat keterangan karyawan yang diperlukan dalam pengajuan kartu. Jangan lupa, tanyakan pada bank mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kepemilikan kartu seperti bunga, limit hingga beban iuran tahunan.
  3. Riwayat keuangan tidak bermasalah
    Ketika akan membuat kartu kredit digital, biasanya bank akan memeriksa seperti apa riwayat keuangan yang kamu miliki. Apakah kamu memiliki kredit macet dalam pinjaman-pinjaman yang pernah kamu ajukan.
    Tentu saja pihak bank akan menjadikan kemampuanmu melakukan pembayaran tagihan sebagai pertimbangan pengajuan kartu kredit digital. Tidak sedikit calon nasabah yang gagal melakukan penerbitan kartu karena riwayat keuangannya yang bermasalah seperti pernah menunggak pembayaran pinjaman.
  4. Siapkan seluruh dokumen dengan bentuk softcopy
    Karena akan melakukan pengajuan kartu kredit digital, tentu saja dokumen yang kamu siapkan harus dalam bentuk softcopy. Dokumen ini seperti E-KTP, slip gaji, NPWP, buku tabungan untuk karyawan khususnya payroll.
    Sedangkan untuk pebisnis, dokumen yang harus disiapkan seperti E-KTP, rekening koran selama 3 bulan terakhir dan laporan keuangan. Selain itu, juga harus menyiapkan NPWP, akta perusahaan, dan berbagai dokumen pendukung lainnya.
    Agar lebih mudah mengajukannya, kamu bisa menjadikan seluruh dokumen dengan format seperti yang diharuskan aplikasi. Contohnya menggunakan format PDF, dengan ukuran file yang tidak begitu besar, karena biasanya terdapat batas maksimal ukuran file yang akan diunggah di aplikasi.

 

Pilihan Kartu Kredit yang akan Memenuhi Lifestyle Kamu

Sebagai calon pengguna kartu kredit, selain melihat syarat membuat kartu kredit yang dimiliki, tentu saja kamu akan mempertimbangkan apa saja benefit yang akan diperoleh ketika kamu menggunakan kartu tersebut. Benar, bukan?

Salah satu referensi kartu kredit yang tepat untuk dijadikan sebagai pilihan adalah digibank Live Fresh. Ada berbagai macam keuntungan yang bisa kamu peroleh ketika menggunakan kartu kredit ini, seperti:

  1. Cashback hingga Rp1,5 juta
    Nikmati cashback hingga Rp1,5 juta setelah Kartu Kredit digibank-mu disetujui untuk transaksi online. Ini tentunya akan sangat menguntungkan dan bisa membuat kamu sebagai pengguna kartu kredit merasa semakin nyaman.
  2. Cashback 5% ketika melakukan transaksi online
    Saat menggunakan digibank Live Fresh, kegiatan belanja online yang kamu lakukan bisa semakin menyenangkan, karena cashback 5% hingga Rp300 ribu untuk transaksi menggunakan kartu utama, dan 5% maksimal Rp200 ribu untuk transaksi menggunakan kartu tambahan.
    Cara mengklaim cashback kartu kredit digibank Live Fresh juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mengirimkan pesan singkat di nomor 99333 dengan menggunakan format DBS spasi Livefresh#tanggal lahir# disusul dengan 4 digit terakhir kartu kredit utama.
  3. Adanya Poin Rewards setiap bertransaksi
    Saat menggunakan digibank Live Fresh untuk melakukan transaksi, banyak rewards yang bisa kamu peroleh. Setiap transaksi sebesar Rp10 ribu, kamu akan memperoleh 1 Poin Rewards.
  4. Dapat mengubah transaksi menjadi cicilan dengan mudah
    Ingin membeli barang dengan harga mahal, tetapi tidak mau keuangan bulan depan terbebani? Jika demikian, digibank Live Fresh bisa membantumu.
    Ketika menggunakan digibank Live Fresh, kamu bisa mengubah transaksi menjadi cicilan melalui Aplikasi digibank by DBS. hanya dengan 4 kali klik saja di Aplikasi digibank by DBS, kamu bisa langsung mengubah transaksi menjadi cicilan.
  5. Mengatur serta memonitor digibank Live Fresh selama 24 jam
    Melalui Aplikasi digibank by DBS, kamu dapat mengatur sekaligus memonitor kartu kreditmu. Di aplikasi ini, kamu dapat melihat informasi transaksi, melakukan aktivasi kartu serta pembuatan PIN hingga melakukan penukaran Poin Rewards.
  6. Gratis iuran di tahun pertama
    Dengan berbelanja minimal Rp1 juta dalam tempo waktu 60 hari pertama setelah kartu kredit digibank Live Fresh disetujui, kamu akan memperoleh fasilitas gratis iuran tahun pertama.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, sayang rasanya jika tidak menjatuhkan pilihan pada kartu kredit satu ini. Dengan adanya syarat membuat kartu kredit yang mudah, tunggu apalagi? Apply Kartu Kredit Digital digibank sekarang juga di go.dbs.com/cc! Approvalnya hanya 60 detik.

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS