Bengkel motor
21 Nov 2022

Pasti Laris! Bangun Bisnis Bengkel Motor Kamu Sendiri

Jika kamu berminat memulai usaha dalam bidang otomotif, membuka sebuah bengkel mungkin dapat menjadi langkah yang tepat. Perlu kamu ketahui bahwa setiap tahunnya pemilik motor di Indonesia semakin bertambah.

Dengan fenomena semacam itu, maka membuka bisnis bengkel motor menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Dapat diperkirakan bahwa setiap harinya bengkel motor akan selalu didatangi oleh konsumen.

Untuk membuka sebuah bengkel motor, kamu tentunya perlu modal yang cukup. Pinjaman KTA adalah salah satu solusi yang tepat untuk kamu. Selain modal, kamu juga perlu mengetahui secara lebih detail mengenai strategi, tips, serta peralatan dan perlengkapan yang perlu dimiliki. Untuk lebih jelasnya, mari kita ulas secara lebih lengkap.

Tips Membangun Bengkel Motor

Berikut ini beberapa tips yang perlu kamu perhatikan ketika hendak membuka bengkel motor :

  • Tentukan Lokasi Bengkel

Dalam membangun sebuah bengkel motor, memilih lokasi yang strategis menjadi faktor yang paling penting. Pasalnya, ketika kamu memilih lokasi yang sering dilalui oleh banyak orang, memungkinkan bengkel milikmu dikunjungi oleh banyak konsumen.

 

Selain menarik perhatian konsumen, lokasi bengkel yang strategis tentunya memudahkan bengkel kamu ditemukan oleh siapa saja yang mencarinya. Pilihlah lokasi yang memiliki akses jalan mudah dan dekat dengan sumber keramaian. Pastikan pula bengkel kamu dapat menampung sedikitnya 5 hingga 10 motor dalam satu waktu.

 

  • Memilih Pemasok Sparepart

Ketika kamu membuka bengkel motor, tentunya tidak hanya melayani reparasi saja, namun juga menjual suku cadang atau yang biasa disebut sparepart. Untuk mendapatkan stok sparepart tentunya kamu perlu bekerja sama dengan pemasok sparepart.

 

Disinilah kamu perlu berhati-hati dalam memilih pemasok yang tepat. Tentukan beberapa pilihan pemasok kemudian bandingkan secara harga, kualitas, hingga keuntungan yang bisa didapatkan.

 

Sebaiknya kamu memilih pemasok resmi dari brand sparepart yang dibutuhkan, karena selain dapat dipastikan barang yang dijual resmi, biasanya harga dapat lebih kompetitif. Hindari membeli barang dari reseller karena harga yang ditawarkan akan cenderung lebih mahal.

 

Beberapa sparepart yang paling banyak dicari oleh konsumen diantaranya kampas rem, busi, rantai, kampas kopling, dan masih banyak lagi. Selain itu kamu juga dapat menyediakan berbagai pilihan pelumas motor.

 

  • Cari Montir yang Handal

Karena bengkel bergerak di bidang penyedia jasa, maka sudah seharusnya kamu menyediakan montir yang handal untuk dapat melayani pelanggan. Montir menjadi penggerak utama dalam bisnis bengkel motor.

 

Carilah montir yang kompeten di bidangnya, ramah, jujur, dan berpengalaman. Dengan begitu, kemungkinan besar pelanggan yang melakukan servis kendaraan akan merasa puas. Untuk mendapatkan montir dengan kriteria tersebut, kamu perlu melakukan berbagai tes kompetensi untuk mendapatkan hasil yang akurat.

 

Ketika montir kamu dapat melayani pelanggan dengan baik, ramah, dan jujur, kemungkinan besar pelanggan akan datang kembali ke bengkel kamu ketika sewaktu-waktu terdapat kesalahan pada kendaraan mereka.

 

  • Gunakan Strategi Pemasaran yang Tepat

Dalam berbagai bisnis, strategi promosi merupakan salah satu kunci kesuksesan bisnis tersebut, tak terkecuali dalam bisnis bengkel motor. Dengan menggunakan strategi promosi yang tepat, bengkel motor milik kamu akan dikenal banyak orang lebih cepat.

 

Berbagai cara dapat kamu lakukan baik secara online maupun offline. Untuk pemasaran secara offline, strategi yang dapat kamu lakukan yaitu menyebarkan brosur, memasang spanduk, atau promosi dari mulut ke mulut.

 

Sementara untuk pemasaran secara online dapat kamu lakukan dengan cara membuat akun media sosial bisnis bengkel kamu, lakukan kampanye iklan secara online dengan menggunakan layanan iklan berbayar yang kini sudah banyak tersedia baik dari google maupun berbagai media sosial.

 

Kamu juga dapat secara aktif bergabung di komunitas motor online. Untuk melakukan promosi secara online, terdapat beberapa tips yang dapat kamu lakukan, yaitu :

 

  • Mendaftarkan akun media sosial di platform media sosial yang populer
  • Memasang foto asli barang yang dijual, foto montir yang sedang melakukan reparasi, dan juga testimoni dari pelanggan atas layanan bengkel kamu
  • Mudahkan pelanggan mendapatkan pelayanan dari bengkel kamu dengan cara mengadakan sistem booking, dengan begitu pelanggan akan sangat merasa dimudahkan karena tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan antrian.

 

  • Bangun Relasi Bisnis

Apalah jadinya sebuah bisnis tanpa adanya relasi, tentu perkembangan bisnis akan lebih lambat dari seharusnya. Bangunlah komunikasi yang baik dengan relasi bisnis seperti pemasok barang, karyawan, konsumen, hingga pelanggan.

 

Agar bisnis kamu juga dapat lebih cepat dikenal banyak orang, kamu dapat mengikuti komunitas motor. Dengan mengikuti komunitas motor, akan membangun relasi baru dan tentu akan berdampak baik pada bisnis kamu.

 

Kamu dapat mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh anggota komunitas sehingga kamu dapat menyediakannya dan membuat mereka datang ke bengkel milikmu.

 

  • Pahami Teknik Mekanik

Sangatlah penting bagi kamu sebagai pemilik bengkel untuk mengetahui setiap teknik mekanik. Dengan mengetahui setiap teknik mekanik, akan membantu melancarkan keberlangsungan bisnis bengkel kamu.

 

Kamu dapat mempelajari jam memperdalam pemahaman mengenai teknik mekanik secara bertahap. Untuk mendapatkan ilmu mengenai teknik mekanik, kamu bisa mendapatkannya dengan belajar langsung bersama montir, mengikuti pelatihan, mencari informasi secara online, dan masih banyak lagi.

 

Ketika kamu sudah memahami betul mengenai berbagai teknik mekanik, tentu akan sangat membantu ketika montir atau karyawan kamu berhalangan datang.

 

  • Lakukan Pembukuan dengan Benar

Menjalankan sebuah bisnis tentu tidak terlepas dari yang namanya pembukuan. Pembukuan keuangan harus dilakukan secara teliti, jangan sampai kamu mencampur uang pribadi dengan uang untuk usaha.

 

Kamu dapat membuat rekening khusus usaha agar nantinya dapat terlihat arus keluar masuknya dana bisnis. Kemudian pastikan setiap transaksi bisnis yang dilakukan dicatat dan melalui proses penjurnalan hingga pembuatan laporan keuangan.

 

Dengan begitu, kamu akan mengetahui kondisi bisnis yang sedang dijalankan dan dapat menentukan kebijakan apa yang perlu diambil kedepannya.

 

  • Mengedepankan Pelayanan kepada Konsumen

Bengkel termasuk ke dalam perusahaan jasa, maka dari itu nilai dari sebuah perusahaan jasa yaitu pelayanannya. Agar bisnis bengkel kamu mendapatkan nilai yang baik dari konsumen kamu perlu memberikan pelayanan terbaik agar konsumen merasa puas.

 

Pastikan setiap karyawan selalu ramah kepada konsumen, memberikan solusi terbaik ketika memperbaiki kendaraan milik konsumen, dan menjaga sikap ketika melayani keluhan dari konsumen.

 

Dengan begitu, konsumen akan merasa sangat dihargai dan merasa puas akan pelayanan yang kamu berikan sehingga memungkinkan ia datang kembali ke bengkel kamu ketika mengalami kendala pada kendaraannya di kemudian hari.

 

  • Mengurus Perizinan Usaha

Agar bisnis kamu dapat berjalan lancar, pastikan untuk mengurus perizinan usaha secara lengkap terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari adanya masalah dikemudian hari dengan pemerintahan atau warga setempat.

 

Kamu perlu menyiapkan dana khusus untuk mengurus berbagai perizinan usaha yang dibutuhkan. Bila kamu memiliki waktu luang, kamu bisa langsung mengurusnya sendiri. Namun bila tidak, kamu bisa meminta bantuan rekan terpercaya untuk mengurusnya.

 

  • Menentukan Modal Usaha yang Dibutuhkan

Memulai sebuah bisnis tentu memerlukan modal yang cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam bisnis. Misalnya, biaya sewa tempat, pembelian suku cadang, gaji karyawan, pembelian peralatan, dan masih banyak lagi.

 

Untuk itu kamu perlu memperhitungkannya terlebih dahulu misal dengan membuat anggaran yang terperinci. Pastikan kamu menyiapkan modal usaha yang cukup agar tidak menghambat kegiatan bisnis di kemudian hari.

 

Kamu perlu menyiapkan dana sekitar Rp100 hingga Rp200 juta rupiah untuk membangun sebuah bisnis bengkel motor.

Perlengkapan dan Peralatan untuk Bengkel Motor

Untuk mengembangkan bisnis bengkel motor Kamu perlu memiliki berbagai perlengkapan dan peralatan bengkel yang dibutuhkan untuk memulai bisnis satu ini, diantaranya :

  • Peralatan Manual

Peralatan satu ini perlu dimiliki untuk mengantisipasi adanya kendala ketika melakukan reparasi kendaraan. Peralatan semacam ini masih menggunakan kekuatan tangan dalam penggunaannya.

Peralatan manual yang wajib dimiliki diantaranya kunci T dengan berbagai macam ukuran, kunci pas ring berbagai ukuran, kunci ring dan kunci pas berbagai ukuran, kunci L, tang, palu, kikir, dan masih banyak lagi.

  • Peralatan Mesin

Semakin canggihnya teknologi, membuat peralatan reparasi motor juga mengalami kemajuan  dengan adanya peralatan mesin. Peralatan mesin yang umumnya digunakan ialah kompresor, multitester, fuller, bor, las listrik, dan masih banyak lagi.

  • Alas Kendaraan

Alas kendaraan digunakan pada saat kendaraan mulai direparasi. Penggunaan alat ini untuk memudahkan montir melihat dan memperbaiki motor hingga sisi yang sulit terlihat sekalipun.

  • Berbagai Kebutuhan Sparepart

Untuk mempermudah perbaikan kendaraan, kamu perlu menyiapkan berbagai sparepart lengkap agar mempercepat dan mempermudah perbaikan kendaraan tersebut.

  • Etalase

Kamu perlu memiliki etalase untuk menyimpan berbagai sparepart yang biasanya dibutuhkan oleh konsumen. Dengan begitu, penyimpanan barang akan lebih tertata rapi.

  • Timing Light

Timing light merupakan alat yang berfungsi untuk mengukur atau memeriksa saat proses pengapian mesin atau kendaraan berlangsung. Alat ini sangat dibutuhkan dan harus ada pada bengkel motor.

  • Tachometer & Dwell Tester

Alat ini berfungsi untuk mengukur atau memeriksa putaran mesin suatu kendaraan. Alat ini juga terkadang digabungkan penggunaannya dengan dwell tester untuk mengukur besar kecilnya sudut dwell mesin tersebut.

Miliki Bisnis Bengkel Motor dengan Pinjaman digibank KTA

Kamu dapat membangun bisnis bengkel motor milikmu sendiri pakai pinjaman KTA dari digibank KTA. Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan :

  • Proses Online 24 Jam

Kamu bisa apply 24 jam tanpa ribet, dimanapun, dan kapanpun, dengan mengakses melalui Aplikasi digibank by DBS atau melalui website go.dbs.com/kta.

  • Approval 60 Detik

Persetujuan pengajuan pinjaman online KTA hanya membutuhkan waktu 60 detik saja.

  • Dana Cair Hingga 200 juta

Dapatkan pinjaman yang dapat cair hingga 200 juta Rupiah.

  • Atur Jumlah Pinjaman Sendiri

Kamu bebas menentukan jumlah pinjaman.

  • Tenor Cicilan hingga 36 bulan

Kamu bisa mendapatkan tenor hingga 36 bulan.

  • Tidak Perlu Dokumen Fisik

Pengajuan ini hanya perlu menyiapkan e-KTP dan NPWP untuk mengajukan pinjaman.

  • Persyaratan yang Mudah

Untuk mengajukan pinjaman, pastikan e-KTP kamu berdomisili Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang dan memiliki penghasilan minimal Rp5 juta Rupiah.

Ketahui cara ajukan dan informasi lengkap lainnya tentang pinjaman ini, dengan akses laman berikut ini https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/pinjaman-digibank-kta. Segera ajukan pinjaman KTA dari digibank KTA dan bangun bisnis bengkel motor yang menjanjikan.