kredit tanpa agunan
21 Nov 2022

FAQ Seputar KTA yang Sering Diajukan Calon Peminjam

Kredit tanpa agunan (KTA) atau yang akrab disebut dengan unsecured loans adalah kredit  individu tanpa membutuhkan jaminan. Meskipun banyak sekali permasalahan finansial yang bisa diselesaikan dengan kredit ini, masih banyak masyarakat yang belum mengenal KTA dengan benar.

Kredit tanpa agunan adalah produk dari bank yang tidak mewajibkan pihak peminjam memberikan asetnya sebagai jaminan kredit. KTA bisa dimanfaatkan oleh mereka yang membutuhkan pendanaan cepat dan praktis. Meskipun KTA tidak membutuhkan jaminan, tapi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh peminjam agar bank bersedia mengabulkan kreditnya.

Sebenarnya, KTA adalah produk unggulan dari bank yang dapat menjembatani permasalahan finansial apa pun. Selain itu pula, KTA adalah produk inovatif untuk membantu masyarakat dalam menjangkau kreditnya. Produk ini awalnya diperkenalkan oleh Standard Chartered PLC, lembaga keuangan perbankan multinasional yang beroperasi di Inggris. pada perkembangannya, KTA banyak diterapkan oleh lembaga keuangan di Indonesia.

Salah satu jenis KTA yang paling banyak digunakan adalah KTA personal loans yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pengembangan usaha sampai gaya hidup dan kebutuhan konsumsi.  

FAQ yang Sering Diajukan oleh Peminjam KTA

Kebutuhan masyarakat akan kredit semakin meningkat dari waktu ke waktu. Beruntungnya, ha tersebut mendapat respon dari bank selaku pihak yang berwenang mengeluarkan KTA yang jadi produk unggulan. Tujuan diadakannya KTA adalah untuk membantu masyarakat mendapatkan dana tanpa melibatkan jaminan hutang. Meskipun KTA banyak membantu masyarakat, ada banyak hal yang harus dipahami oleh masyarakat. Nah, ini dia beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh peminjam KTA dan jawabannya.

  1. Apa Kelebihan KTA?
    KTA memiliki beberapa kelebihan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, di antaranya:
    • Persyaratan Mudah
      Syarat mengajukan kredit tanpa agunan (KTA) terbilang mudah. Prosesnya pun cepat, sehingga peminjam dapat mendapatkan dana sesuai kebutuhan tanpa perlu waktu lama.
    • Tidak Usah Menjaminkan Aset
      KTA tidak mewajibkan peminjam menjaminkan asetnya. Tentu ini adalah sesuatu yang menguntungkan peminjam.
    • Dapat Digunakan untuk Membiayai Kebutuhan
      Ada banyak manfaat yang bisa digunakan dari dana KTA, misalnya renovasi rumah, biaya pernikahan, kebutuhan finansial untuk bisnis, Pendidikan, dan pengobatan. Kendati demikian, kamu tetap harus bijak dalam menggunakan KTA agar dananya bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.
    • Suku Bunga Tetap
      Nilai suku bunga KTA tetap dan periode cicilannya disesuaikan dengan kemampuan kamu, seperti 1 tahun atau 5 tahun.
    • Perlindungan Asuransi
      Beberapa produk KTA dari bank memberikan perlindungan asuransi untuk nasabah. Saran kami, ambil KTA dengan jaminan asuransi untuk memperkecil risiko.
    • Mudah Ditemukan
      Sebagai produk unggulan bank, KTA mudah ditemukan di hampir seluruh bank, bank pemerintah atau bank swasta. Hal ini disebabkan karena minat kebutuhan masyarakat terbilang tinggi.
  1. Apa Saja Kekurangan KTA?
    Di samping mempunyai kelebihan, KTA pun mempunyai kelemahan yang harus kamu pahami. Berikut informasinya.
    • Limit Terbatas
      KTA tidak memiliki aset jaminan, itulah sebabnya limitnya dibatasi. Hal ini masuk akal sebab nasabah harus menyesuaikan kemampuan membayar kredit. Pihak bank tentu akan melakukan survei untuk memastikan apakah pengajuan kredit disetujui atau ditolak.
    • Hanya Diterbitkan oleh Bank Terkait
      Untuk mendapatkan fasilitas KTA, kamu harus memiliki rekening tabungan di bank tempat kamu mengajukan kredit. Istilah lainnya adalah kamu harus menjadi nasabah bank tersebut.
    • Tenor Sesuai dengan Jumlah Kredit
      Apabila jumlah kredit kecil, maka tenornya pendek. Namun, jika kamu ingin masa tenor yang panjang, pengajuan KTA harus tinggi. Namun, ini bergantung pada keputusan bank. Ada baiknya kamu mengajukan sesuai dana yang dibutuhkan meskipun kamu mampu membayar tinggi untuk cicilannya.
    • Lebih gampang didapat oleh karyawan aktif
      Status karyawan aktif menjadi pertimbangan utama bank. Itulah sebabnya, beberapa syarat tambahan pengajuan KTA harus menyertakan slip gaji dan usia mulai 21 tahun sampai 55-60 tahun saat kredit lunas.
    • Suku Bunga Tinggi
      Suku bunga KTA terbilang tinggi karena tidak adanya jaminan. Maka, sebagai gantinya peminjam dibebani nilai suku bunga yang tinggi.
    • Ada Biaya Pinalti jika Melunasinya Sebelum Jatuh Tempo
      Di dunia perbankan, aturan ini bukan hal yang aneh. Peminjam akan dikenakan penalti apabila membayar lunas sebelum jatuh tempo. Jadi, sebaiknya konsisten membayar cicilan sesuai kesepakatan.
  1. Mengapa KTA Bunganya Tinggi?
    Permasalahan bunga KTA ini sering kali dipertanyakan oleh para peminjam. Bank memang menerapkan suku bunga yang tinggi untuk produk keuangan ini. hal ini berguna untuk meminimalkan risiko. Selain itu pula, syarat pengajuan KTA terbilang mudah. inilah yang memicu tingginya suku bunga KTA.
    Sebagai langkah antisipasi gagal bayar, bank memberikan syarat angsuran jangka waktu pendek. Batasan umum untuk masa cicilan adalah 1 tahun sampai 5 tahun cicilan. Besaran kreditnya pun ditentukan oleh pihak bank, yaitu mulai dari 3 juta sampai 200 juta.
    Hal ini kebalikan dari kredit dengan agunan di mana risiko gagal bayarnya hampir 0%. Dan, nominal kreditnya pun disesuaikan dengan nilai agunan tersebut. Apabila terjadi kredit macet, nasabah tidak mampu membayar kewajiban sesuai dengan kesepakatan, pihak bank akan mengirimkan surat penagihan ke alamat peminjam.
    Apabila tindakan penagihan tidak membuahkan hasil, maka bank berhak  untuk melayangkan gugatan ke pengadilan. Dan biasanya pengadilan tersebut akan berakhir dengan proses penyitaan aset pribadi sang peminjam.
    Kemudahan dalam pengajuan KTA menuntut syarat lain yang mau tidak mau wajib dipenuhi oleh peminjam. Selain itu, ada beberapa biaya administrasi yang harus dibayarkan oleh peminjam KTA saat mengajukan ini. Hal ini harus diantisipasi oleh setiap peminjam.
  1. Apa Saja Perbedaan Bunga Tetap dengan Bunga Mengambang?
    Dalam dunia perbankan ada istilah yang dikenal dengan bunga tetap dan bunga mengambang. Bunga tetap (fixed rate) adalah bunga yang jumlah besarannya tidak berubah dalam periode waktu tertentu. Sedangkan bunga mengambang atau (floating rate) adalah suku bunga yang besarnya bergantung pada pasar. Karena itulah, bunga mengambang mempunyai sifat fluktuatif. Kedua jenis suku bunga ini sering kali digunakan oleh bank secara gabungan. Dan, masing-masing suku bunga mempunyai kelebihan dan kekurangannya.
  1. Apa Yang Terjadi Jika Peminjam KTA Meninggal?
    KTA terkenal sebagai salah satu produk finansial yang mudah proses pengajuannya. Hal inilah yang membuat masyarakat tertarik. akan tetapi, ada timbul masalah apabila pihak peminjam meninggal sebelum hutangnya lunas. Kalau hal ini terjadi, lantas apa yang harus dilakukan? Bagaimana sisa hutangnya?
  1. Status Hutang Nasabah KTA yang Meninggal
    Hutang adalah hutang, jadi ia harus tetap dibayar bagaimana pun caranya. itulah sebabnya, banyak pihak yang mewajibkan nasabah mengambil asuransi yang ditambahkan proses permohonan KTA. Apabila peminjam meninggal, inilah yang harus dilakukan oleh ahli waris.
    • Datangi Pihak Bank yang Memberi Kredit
      Saat peminjam yang mengajukan kredit dinyatakan meninggal, maka, hal pertama yang wajib dilakukan oleh ahli waris adalah mendatangi pihak bank tempat meminjam mengajukan kredit. Konfirmasikan kepada pihak bank bahwa yang bersangkutan telah meninggal. Sertakan bukti keterangan surat kematian dan dokumen lainnya yang dibutuhkan.
    • Konfirmasi Sisa Kredit
      Setelah konfirmasi keterangan kematian peminjam telah dilakukan, pihak ahli waris bisa menanyakan mengenai sisa yang wajib dilunasi oleh ahli waris.
    • Tanyakan Mengenai Asuransi
      Cari tahu mengenai informasi apakah produk KTA yang diambil oleh peminjam di-cover oleh asuransi atau tidak. Apabila KTA tersebut sudah dilengkapi dengan asuransi sejak awal, maka ahli waris tidak perlu membayar sisa hutang yang harus dibayarkan. Hal ini karena sisa hutangnya sudah di-cover oleh asuransi dari KTA tersebut.
      Itulah sebabnya penting sekali untuk mengambil asuransi saat mengajukan KTA. Asuransi dapat mengurangi kerugian bagi pihak bank dan peminjam apabila muncul hal-hal yang tidak diinginkan.
  1. Bagaimana Prosedur Pengajuannya?
    Pertanyaan selanjutnya yang sering kali ditanyakan oleh peminjam adalah bagaimana prosedur pengajuan KTA? Berikut penjelasannya.
    • Peminjam sudah memenuhi syarat identitas
    • Menyediakan dokumen selengkapnya sesuai permintaan bank
    • Menyediakan catatan kartu kredit yang dimiliki
    • Peminjam tercatat mempunyai satu profesi
    • Telah memenuhi syarat debt ratio
    • Ada nomor telepon yang sudah divalidasi
    • Sudah memenuhi proses verifikasi
  2. Mengapa Karyawan Lebih Mudah Mendapatkan KTA?
    Banyak yang berkata bahwa para karyawan aktif lebih mudah mendapatkan KTA dibandingkan orang yang memiliki profesi lainnya. Apakah hal ini benar? Lalu, bagaimana jika seorang pengusaha tertarik mengajukan KTA?
    Sebenarnya, pengusaha dapat mengajukan KTA kepada pihak bank selama ia memenuhi syarat-syarat yang diterapkan oleh pihak bank selaku pemberi kredit.
    Akan tetapi, ada pertimbangan yang membuat karyawan aktif mendapat kesempatan lebih tinggi dalam proses pengajuan kredit. Alasan paling utama adalah karena karyawan mempunyai penghasilan yang stabil dan berkelanjutan.
    Bahkan beberapa karyawan mengalami peningkatan penghasilan dan jabatan setiap tahunnya. Sementara tingkat penghasilan pengusaha cenderung tidak menentu. Hal ini bergantung pada kondisi bisnis yang dijalankannya.
    Ketidakstabilan pendapatan ini mempengaruhi kemampuan membayar angsuran, dan pihak bank lebih selektif dalam menyetujui pengajuan KTA. Akan tetapi, bukan tidak mungkin seorang pengusaha mendapatkan kesempatan pengajuan kreditnya disetujui. Hal ini bergantung pada performa bisnis kamu.

digibank KTA, Solusi Tepat Untuk Permasalahan Finansial kamu

digibank KTA dari digibank by DBS merupakan solusi finansial yang membuka peluang bagi siapapun untuk mendapatkan kredit dengan menawarkan keunggulan yang bisa dijadikan pertimbangan saat membutuhkan pendanaan dalam waktu cepat.

Berikut keunggulan digibank KTA yang perlu kamu ketahui.

  • Melayani pengajuan kredit selama 24 jam penuh melalui Aplikasi digibank KTA by DBS
  • Proses approval tidak memerlukan waktu lama, hanya butuh 60 detik saja
  • Dana langsung dikirim ke rekening digibank by DBS hingga Rp200 juta
  • Jumlah kredit bisa diatur sesuai dengan kebutuhanmu
  • Cicilan panjang sampai 36 bulan
  • Tidak membutuhkan dokumen fisik yang merepotkan
  • Persyaratan praktis dan mudah. Pastikan kamu berdomisili di area cakupan digibank KTA seperti Bandung, Surabaya, Jabodetabek dan Semarang, sudah memiliki e-KTP dan NPWP, dan mempunyai penghasilan paling sedikitnya Rp5 juta setiap bulan

digibank KTA memberi solusi, bukan sekadar janji. Segera ajukan kredit tanpa agunan dan pelajari informasi selengkapnya mengenai produk KTA dari digibank by DBS di sini dan dapatkan jumlah dana sesuai yang kamu butuhkan.