Bisnis
25 Jan 2023

Bisnis Coworking Space? Kembangkan dengan 7 Cara Ini

Pinjaman KTA merupakan salah satu jenis pendanaan yang bisa kamu gunakan apabila tertarik untuk mengembangkan bisnis coworking space.

Supaya bisnis tidak diam di satu tempat saja, maka dari itu sangat penting untuk melakukan pengembangan agar bisnis coworking space yang kamu jalani tersebut bisa tumbuh menjadi lebih besar lagi serta keuntungan yang didapat pun bisa lebih maksimal.

Artikel ini akan membahas mengenai tips-tips apa saja yang perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis coworking space serta hal menguntungkan apa saja yang bisa didapatkan selama proses pengembangan tersebut.

Selebihnya mengenai pembahasan hal-hal tersebut akan dibahas pada poin-poin di bawah ini.

Tips Kembangkan Bisnis Coworking Space

Beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam rangka mengembangkan bisnis coworking space antara lain yaitu sebagai berikut:

  • Melakukan Riset Terhadap Kondisi Pasar Coworking Space

Tips pertama yang bisa dilakukan ketika hendak mengembangkan bisnis coworking space yaitu dengan melakukan riset terhadap kondisi pasarnya. Hal ini penting karena pasar dari coworking space selalu berubah-ubah.

 

Oleh karena itu, apabila kamu merupakan pegiat bisnis di bidang coworking space, sebelum melakukan pengembangan terhadap bisnis tersebut, kamu perlu terlebih dahulu mengamati pasar.

 

Melakukan riset pasar ini juga bisa dijadikan sebagai ajang untuk mengamati suku bunga yang sedang berlaku. Hal ini dikarenakan suku bunga akan berdampak langsung kepada daya sewa serta kebutuhan akan coworking space tersebut.

 

Semakin tinggi suku bunga, maka harga dari coworking space tersebut akan semakin rendah dan begitupun sebaliknya.

 

  • Mencari Tahu Tantangan yang Dihadapi dari Bisnis Coworking Space

Tips kedua, selain meriset pasar, kamu juga perlu mencari tahu apa saja yang menjadi tantangan dari bisnis coworking space ini. Dengan mengetahui tantangan-tantangan apa saja yang mungkin terjadi dan dihadapi oleh bisnis ini, sebagai pebisnis, kamu jadi bisa lebih berhati-hati ketika hendak mengembangkannya menjadi bisnis yang lebih besar lagi.

 

  • Merencanakan Layout Coworking Space yang Baru

Berikutnya, saat kamu memiliki rencana untuk mengembangkan bisnis coworking space, kamu juga perlu membuat layout dari area coworking space yang baru tersebut. Hal ini penting untuk dilakukan agar bisnis coworking space-mu bisa memiliki tata letak ruang yang baru.

 

Kamu dapat membuat berbagai macam ruang di coworking space tersebut seperti misalnya Ruang Pribadi, Ruang Tim, Ruang Rapat, Ruang Terbuka, Kafe, dan tentu saja yang tidak boleh dilupakan, yaitu tersedianya Ruang Kamar Mandi.

 

Ruang-ruang yang fleksibel tersebut merupakan bentuk dari perubahan ruang kerja yang monoton dengan tujuan agar para pekerja bisa mendapatkan inspirasi terkait pekerjaannya dengan lebih baik lagi alih-alih ketika hanya bekerja di satu tempat saja.

 

  • Memilih Furniture dan Interior yang Tepat

Kemudian, selain perlu merencanakan layout dari coworking space yang baru, supaya lebih mendukung suasana ruang bekerja, kamu juga harus memilih interior atau furniture yang tepat untuk mengisi sudut-sudut coworking space tersebut.

 

Dalam pemilihan interior ini, salah satu faktor yang bisa dijadikan sebagai patokan yaitu tentu saja tidak lepas dari faktor kenyamanannya. Baik meja maupun kursi yang nantinya akan dijadikan sebagai fasilitas untuk bekerja, sangat penting untuk memiliki kenyamanan tingkat tinggi yang bisa dilihat dari baik ukuran maupun desainnya.

 

  • Meminimalisir Segala Jenis Gangguan

Tidak hanya itu saja, tips yang juga bisa diterapkan ketika hendak mengembangkan bisnis coworking space yaitu kamu perlu mengatur hingga meminimalisir terjadinya gangguan pada ruang tersebut.

 

Tidak hanya dari faktor suara, faktor-faktor lain seperti tingkat kebersihan dan kenyamanan juga perlu diperhatikan dalam pengembangan bisnis coworking space ini. Hal ini perlu didukung dengan peningkatan kualitas mulai dari lantai, atap hingga fasilitas lainnya yang mendukung kedap suara.

 

  • Memanfaatkan Dinding Sebaik Mungkin

Tips pengembangan bisnis coworking space lainnya yang juga bisa diaplikasikan yaitu dinding yang bisa dimanfaatkan selain untuk pembatas ruangan. Apabila kamu membangun coworking space kecil yang hanya menyediakan sedikit ruang meeting, tersedianya dinding yang dapat dicoret-coret akan sangat bermanfaat.

  • Melakukan Kolaborasi

Selain tips-tips di atas, kamu juga bisa melakukan kolaborasi demi mengembangkan bisnis coworking space menjadi lebih besar lagi. Kolaborasi ini dapat kamu lakukan dengan menjalin kerja sama dengan beberapa pihak.

 

Keuntungan Mengembangkan Bisnis Coworking Space

Setelah mengetahui apa saja tips yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis coworking space, hal berikutnya yang juga tak kalah penting untuk diketahui yaitu keuntungan apa saja yang bisa didapat usai melakukan pengembangan di bidang bisnis ini.

Oleh karena bisnis yang berkembang identik dengan penggambaran bisnis yang sukses, maka keuntungan-keuntungan yang bisa didapat dengan mengembangkan bisnis coworking space ini di antaranya, yaitu:

  • Meningkatkan Daya Sewa

Dengan mengembangkan bisnis coworking space, salah satu hal menguntungkan yang kemungkinan bisa kamu rasakan yaitu meningkatnya jumlah klien yang tertarik untuk melakukan penyewaan.

 

  • Meminimalisir Risiko

Hal menguntungkan berikutnya yang dapat kamu rasakan apabila mengembangkan bisnis coworking space yaitu dapat mengurangi persaingan bisnis dan risiko kegagalan.

 

Dengan mengembangkn bisnis penyewaan ruang kerja di banyak tempat, hal ini tentunya dapat meminimalisir kegagalan yang mungkin saja terjadi apabila hanya berkutat di satu tempat bisnis saja dengan banyaknya persaingan yang ada.

 

  • Meningkatkan Keuntungan

Selanjutnya, dengan mengembangkan bisnis, tentu saja kamu jadi akan mendapatkan keuntungan dengan jumlah yang lebih besar.

 

  • Sebagai Cara untuk Bertahan

Selain hal-hal tersebut, mengembangkan bisnis juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk bertahan. Dengan melakukan pengembangan bisnis coworking space, hal ini bisa menjadi cara untuk menunjukkan bahwa bisnismu tersebut masih berdiri serta tentu saja agar bisa menarik calon klien lebih banyak lagi.

 

Kembangkan Bisnis Coworking Space, Manfaatkan Pinjaman KTA

Apabila kamu merupakan seorang pegiat bisnis di bidang coworking space dan berniat untuk melakukan pengembangan pada bisnismu tersebut, salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar bisa mendapatkan suntikan dana, yaitu dengan cara mengajukan pinjaman KTA dengan bunga rendah.

Sebagai rekomendasi, produk KTA merupakan produk pinjaman dengan bunga rendah dan bisa dijadikan sebagai referensi hingga solusi untuk berbagai macam kondisi yang kamu miliki, seperti ketika membutuhkan dana untuk mengembangkan bisnis coworking space, yaitu produk digibank KTA.

Tidak hanya itu saja, dengan mengajukan pinjaman digibank KTA ini, akan mendapatkan berbagai macam keuntungan. Keuntungan-keuntungan yang bisa dirasakan dari digibank KTA ini antara lain, yaitu sebagai berikut.

  • Online 24 jam dari Aplikasi digibank by DBS
  • Proses approval pinjaman yang cepat dalam hitungan 60 detik
  • Dana pinjaman langsung cair ke rekening digibank by DBS dengan limit mencapai Rp200 juta.
  • Bisa mengatur nominal pinjaman sesuka hati.
  • Bisa membayar cicilan dalam rentang waktu hingga 36 bulan.
  • Tidak ada dokumen fisik yang perlu dilampirkan
  • Persyaratan pengajuannya cukup mudah. Pastikan kamu berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, atau Semarang, memiliki e-KTP dan NPWP, dan berpenghasilan setidaknya Rp5 juta per bulan.

 

Selebihnya, informasi mengenai produk pinjaman KTA dari digibank ini bisa kamu dapatkan melalui tautan berikut ini https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/pinjaman-digibank-kta . Tunggu apa lagi? Yuk, segera ajukan dan mulai kembangkan bisnis coworking space-mu dengan digibank KTA.