kartu kredit
29 Jul 2022

Berniat Apply Kartu Kredit? Perhatikan Hal-hal Berikut Ini

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak masyarakat yang mulai melakukan apply kartu kredit. Hal tersebut terjadi karena alat pembayaran non-tunai seperti kredit digital ini semakin efektif digunakan untuk transaksi belanja dan kepentingan lainnya.

Penggunaan kartu kredit tidak mengalami penurunan walaupun cukup banyak produk dompet digital canggih yang mulai ditawarkan belakangan ini. Hal tersebut terjadi karena penggunaan dan proses apply kartu kredit memiliki beberapa manfaat dan keunggulan.

5 Manfaat Penggunaan Kartu Kredit

Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja manfaat yang bisa didapatkan oleh pengguna ataupun nasabah yang berhasil apply kartu kredit.

  1. Tarik Tunai Bisa Dilakukan di ATM

Pertama, Anda bisa melakukan tarik tunai dengan cepat dan mudah di ATM. Fasilitas layanan tarik tunai yang bisa dilakukan di mesin ATM akan memudahkan setiap pengguna untuk mendapatkan uang cash.

Setiap transaksi tarik tunai yang Anda lakukan di mesin ATM akan dikenakan biaya yang tercantum secara jelas dalam tagihan kartu kredit. Beberapa persentase biaya yang dikenakan untuk nasabah kartu kredit yang melakukan tarik tunai mulai dari kisaran 4% sampai dengan 6% dari jumlah uang penarikan.

Namun sebelum melakukan transaksi tarik tunai menggunakan kartu kredit, Anda perlu memahami secara lengkap apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku. Seperti halnya limit tarik tunai pada umumnya berkisar antara 40% sampai dengan 60% dari total limit kartu kredit dalam jangka waktu satu bulan.

  1. Mengatur Keuangan dan Kemudahan Transaksi

Selanjutnya, manfaat yang bisa pengguna kartu kredit dapatkan yaitu kemudahan dalam mengatur keuangan. Hal tersebut terjadi karena dengan apply kartu kredit dan memilikinya Anda bisa membayar tagihan dengan cara mencicil maupun membayarnya secara penuh sesuai kemampuan Anda.

Pembayaran tagihan untuk kartu kredit akan memudahkan Anda untuk mengatur sekaligus merencanakan setiap anggaran pengeluaran. Sehingga Anda bisa dengan mudah mendapatkan dan mencicil setiap keperluan sesuai dengan kondisi keuangan terkini.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan pembayaran satu pintu untuk berbagai macam tagihan dengan menggunakan kartu kredit seperti Kartu Kredit Digital digibank. Mulai dari tagihan listrik, tv kabel, air sampai dengan tagihan telepon. 

Kemudahan yang ditawarkan oleh berbagai jenis layanan kartu kredit dapat menghindarkan diri Anda dari keterlambatan pembayaran tagihan. Bahkan, Anda juga bisa dengan mudah memahami jumlah anggaran yang perlu dipersiapkan tiap bulannya.

  1. Membayar Belanjaan di Luar Negeri dengan Mudah

Manfaat selanjutnya yang akan Anda dapatkan jika menggunakan kartu kredit yaitu bisa melakukan transaksi pembayaran walaupun berada di luar negeri. Hal tersebut membuat kartu kredit seringkali digolongkan sebagai alat pembayaran lintas negara.

Oleh karena itu, Anda tidak lagi memerlukan banyak uang tunai saat ingin berbelanja di luar negeri. Karena penggunaan kartu kredit seperti produk kartu kredit digital digibank by DBS lebih praktis dan aman untuk dibawa kemana saja.

  1. Menghemat Biaya Pengeluaran

Kemudian, Anda juga bisa lebih menghemat biaya pengeluaran. Hal tersebut terjadi karena bank penerbit kartu kredit maupun merchant yang bekerjasama kerap menawarkan diskon atau promo yang bisa digunakan saat melakukan transaksi pembelian.

Selain berupa diskon dan promo, kartu kredit juga seringkali menawarkan cashback dan juga penukaran poin. Ketentuan tersebut biasanya disesuaikan dengan persyaratan yang berlaku milik setiap toko maupun bank penerbit kartu kredit.

Pemilihan diskon, promo maupun penawaran menarik lainnya bisa Anda lakukan secara maksimal dengan mengecek katalog di website maupun sosial media bank maupun merchant yang bersangkutan.

  1. Dapat Menikmati Cicilan 0%

Dengan menggunakan kartu kredit, Anda juga bisa menikmati fasilitas cicilan 0%. Fasilitas maupun layanan ini bisa Anda dapatkan saat melakukan pembelian barang dengan skema cicilan tanpa bunga.

Pihak perbankan menawarkan layanan cicilan 0% untuk nasabah kartu kredit sebagai penawaran yang menggiurkan. Karena Anda bisa membayar biaya pembelian barang dengan cicilan tanpa tagihan bunga sedikitpun.

Fakta Menarik dan Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Apply Kartu Kredit

Ada hal-hal yang perlu Anda ketahui dan perhatikan sebelum melakukan apply kartu kredit. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja hal yang perlu Anda perhatikan.

  1. Memahami Sistem Pembayaran Kartu Kredit

Pertama, hal yang perlu Anda perhatikan sebelum apply kartu kredit yaitu memahami dengan baik sistem pembayaran kartu kredit. Anda bisa melakukan dua cara pembayaran kartu kredit yaitu dengan membayar tagihan secara penuh maupun membayar tagihan minimum dengan cicilan.

Cara pembayaran tagihan kartu kredit perlu Anda pertimbangkan dengan seksama dan menyesuaikan dengan jumlah tagihan yang didapatkan dan kemampuan finansial Anda.

  1. Mengetahui Limit Kartu Kredit

Kedua, Anda juga perlu mengetahui limit yang dimiliki oleh kartu kredit yang digunakan. Sehingga Anda bisa membatasi jumlah transaksi pembelian yang bisa dilakukan dalam jangka waktu satu bulan. Karena transaksi pembelian yang berlebihan dan melebihi limit kartu kredit akan mengalami overlimit dan hanya menambah jumlah hutang yang ada.

  1. Memahami Suku Bunga dan Denda

Ketiga, Anda juga perlu memahami suku bunga yang diberikan oleh pihak bank yang menerbitkan kartu kredit. Karena setiap tagihan kartu kredit beberapa diantaranya menerapkan suku bunga dengan besaran tertentu.

  1. Memahami Setiap Biaya Tambahan

Selain melihat jumlah nominal dari setiap tagihan yang dilakukan menggunakan kartu kredit sekaligus suku bunga yang dikenakan. Ada beberapa biaya tambahan yang perlu diperhatikan secara berkala dengan seksama.

Misalnya saja biaya keterlambatan atau denda pembayaran jika ternyata Anda telat melakukan pembayaran atau bahkan tidak melakukan pembayaran sama sekali saat jatuh tempo pembayaran tagihan. Karena itu penting membayar tagihan tepat waktu.

  1. Mengetahui Setiap Insentif yang Ditawarkan

Kemudian, Anda juga perlu memperhatikan setiap tawaran insentif yang diberikan oleh pihak penerbit kartu kredit. Insentif tersebut bertujuan untuk menarik minat masyarakat untuk menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran non-tunai.

Pada umumnya, insentif bisa berupa reward, promo maupun diskon pada produk tertentu, sampai dengan pembebasan biaya iuran tahunan. Sehingga Anda perlu mempertimbangkan setiap insentif yang ditawarkan untuk apply kartu kredit.

Keunggulan Penggunaan Kartu Kredit Digital digibank by DBS

Beberapa keunggulan di bawah ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan kartu kredit digital digibank. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja keunggulan kartu kredit digital milik digibank by DBS.

  1. Cashback hingga Rp1,5 juta

Anda bisa nikmati cashback hingga Rp1,5 juta setelah Kartu Kredit digibank Anda disetujui untuk transaksi online. Ini tentunya akan sangat menguntungkan dan bisa membuat Anda sebagai pengguna kartu kredit semakin nyaman.

  1. Memerlukan Proses Approval yang Singkat

Keunggulan selanjutnya dari kartu kredit digital digibank yaitu proses approval yang cukup singkat. Anda hanya membutuhkan waktu selama 60 detik untuk mengetahui approval.

  1. Bisa Langsung Digunakan

Keunggulan lainnya dari produk kartu kredit digital digibank yaitu merupakan kartu kredit yang bisa langsung digunakan setelah berhasil melakukan verifikasi. Sehingga Anda bisa langsung memanfaatkan alat pembayaran non-tunai tersebut setelah verifikasi sukses.

Ada dua jenis kartu kredit yang bisa Anda dapatkan dari digibank by DBS. Yaitu kartu kredit digital yang bisa langsung digunakan serta kartu kredit fisik dengan nomor berbeda yang akan didapatkan setelah 14 hari kerja.

  1. Stay In Control

Anda juga bisa tetap stay in control karena merupakan kartu kredit dengan limit belanja yang dapat disesuaikan. Sehingga Anda bisa melakukan transaksi pembelian secara bijak dengan mengkontrol secara berkala menggunakan Aplikasi digibank by DBS.

  1. Pay Your Way

Selanjutnya, Anda juga bisa mendapatkan keunggulan dari segi pengaturan pembayaran. Anda bisa dengan bebas menentukan pembayaran transaksi menjadi cicilan sesuai dengan kondisi keuangan.

Bahkan, tenggat waktu pembayaran cicilan tersebut bisa dilakukan hingga 60 bulan kapanpun dan dimana saja menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Namun, Anda juga perlu memastikan jika kartu kredit fisik yang dimiliki telah diaktivasi.

  1. Monitor Selama 24/7 di Aplikasi

Kemudian, Anda juga perlu mengatur sekaligus memonitor kartu kredit selama 24/7 menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk melakukan aktivasi kartu kredit fisik, pembuatan PIN, informasi transaksi dan juga penukaran poin rewards.

  1. Mendapatkan Penawaran Gratis Iuran Tahun Pertama

Terakhir, keunggulan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS yaitu adanya penawaran gratis iuran di tahun pertama. Penawaran gratis iuran tahun pertama bisa Anda dapatkan dengan melakukan transaksi pembelanjaan minimal 1 juta dalam kurun waktu 60 hari pertama setelah kartu kredit diterima.

Setiap penawaran cashback yang ditawarkan memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku dan perlu Anda penuhi sebelumnya. Ada beberapa cara untuk mendapatkan cashback sebesar Rp1 juta 250 ribu dengan melakukan apply kartu kredit digital digibank.

Cara pertama yaitu dengan mengaktivasi kartu kredit fisik untuk mendapatkan cashback Rp50 ribu. Kemudian, Anda juga perlu menggunakan layanan apapun berbasis langganan dan membayar tagihan Rp100 ribu perbulan selama setahun untuk mendapatkan cashback hingga Rp1,2 juta.

Sedangkan untuk mendapatkan cashback E-voucher sebesar Rp250 ribu Anda perlu melakukan transaksi ritel kartu kredit minimal sebesar Rp1 juta dalam kurun waktu 30 hari pertama.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menggunakan kartu kredit digital digibank untuk merasakan banyak keunggulan yang ditawarkan? Yuk, segera apply kartu kredit digital digibank di go.dbs.com/cc.