Kredit tanpa agunan
25 Jan 2023

7 Tips Jitu Pengajuan KTA Disetujui

Mengajukan kredit tanpa agunan alias KTA memang seringkali dianggap mudah karena pengajuannya tidak membutuhkan jaminan. Faktanya, tidak sedikit calon nasabah gagal karena kurang memperhatikan keseluruhan persyaratan yang ada.

Maka, siapkan dengan matang semua persyaratan dan jangan sampai ada yang terlupakan atau keliru. Selain itu, ketahui tips anti gagal dapatkan dana kredit tanpa jaminan dengan tidak melewatkan artikel ini!

7 Tips Anti-Gagal Mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Ada sejumlah tips pengajuan kredit bebas agunan yang bisa membuat kamu berhasil mendapatkan dana. Ketahui semua di bawah ini:

●     Pilih Produk KTA yang Sesuai

Ada banyak layanan yang menyediakan KTA, namun pilihlah yang persyaratannya bisa kamu penuhi. Misalnya, layanan A mensyaratkan penghasilan minimum Rp10 juta per bulan. Sedangkan, gaji kamu tak mencapai angka tersebut.

Sudah pasti kamu akan gagal jika mengajukan KTA di sana. Maka dari itu, ketahui dulu semua persyaratan agar kamu tidak ditolak begitu saja. Selain itu, perhatikan pula kemudahan yang ditawarkan sehingga akan menguntungkan kamu ketika mendapat KTA.

●     Segera Lunasi Semua Hutang yang Ada

Sebelum mengajukan kredit bebas agunan, pastikan pula semua utang yang kamu miliki telah lunas. Soalnya, ini berkaitan dengan proses BI checking. Semua utang maupun kredit yang pernah kamu miliki sebelumnya harus lunas dulu untuk meyakinkan pihak pemberi KTA.

Jika semua hutang sudah terlunasi, pihak pemberi KTA dapat mempercayai kamu sehingga bersedia memberikan kredit bebas agunan. Di sisi lain, kepercayaan merupakan pondasi utama antara dua pihak atau sebagai jaminan dari agunan yang diminta.

●     Menyiapkan Semua Persyaratan Secara Akurat

Pengajuan kredit tanpa agunan membutuhkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi calon nasabah. Pastikan semua dokumen maupun data persyaratan yang kamu isi sudah benar dan akurat.

Misalnya, data terkait informasi pribadi, alamat rumah, data keluarga, besarnya gaji, status karyawan, dan sebagainya. Di sisi lain, pastikan juga kontak-kontak yang kamu cantumkan nomornya aktif saat proses verifikasi berlangsung.

●     Jawaban Saat Verifikasi Harus Sesuai

Penyebab kegagalan memperoleh kredit bebas agunan disebabkan ketidakmampuan atau kurang tepatnya jawaban saat proses verifikasi. Untuk itu, persiapkan diri dengan baik agar jawaban yang disampaikan benar sesuai data.

Jika ditemukan ketidaksesuaian, maka pihak bank akan memastikan ulang dengan melakukan survei secara langsung sehingga proses pengajuan KTA jadi lebih lama. Atau, lebih buruknya permohonan KTA tersebut akan ditolak.

●     Menyesuaikan Cicilan dengan Gaji

Umumnya, tiap lembaga atau layanan pemberi kredit bebas agunan memiliki standar tersendiri terkait batas minimal gaji yang dimiliki calon nasabah. Hal yang paling aman adalah memastikan gaji kamu minimal sesuai UMR karena biasanya itu yang jadi persyaratannya.

Makin tinggi gaji yang kamu terima, maka makin besar peluang permohonan kredit tanpa agunan tersebut diterima. Di sisi lain, akan lebih baik jika cicilan yang kamu ajukan sesuai dengan gaji.

Hal ini dapat menjadi tolak ukur pula bagi pihak pemberi KTA. Semisal, gaji kamu pas sesuai UMR dan pengajuan dana kredit sangat besar, tentu ini kurang relevan. Seolah mustahil bagi kamu untuk bisa melunasinya sendiri dengan gaji sebesar itu.

●     Ketahui Riwayat Perbankan

Pengecekan oleh pihak pemberi KTA tidak hanya dilakukan saat proses verifikasi, tapi juga melakukan tracking terhadap riwayat perbankan dari calon nasabah. Misalnya, selama ini ternyata kamu memiliki tunggakan yang terbengkalai atau kredit macet.

Maka, hal tersebut bisa meragukan kepercayaan dari pihak pemberi KTA sehingga proses pengajuan kredit tanpa agunan jadi lebih lama. Namun, selama riwayat kreditmu aman, maka lebih tinggi peluang KTA akan disetujui.

●     Mempunyai Kartu Kredit

Secara umum, sebagian besar penyedia layanan kredit bebas agunan memberikan syarat pada calon nasabah agar mempunya kartu kredit. Ini untuk memudahkan pihak bank dalam meninjau performa pembayaran cicilan yang kamu miliki.

Selagi pembayaran cicilan aman dan lancar, maka pihak bank akan lebih percaya bahwa kamu juga bisa melunasi KTA yang akan diajukan. Tak hanya itu, limit kartu kredit juga bisa mempengaruhi jumlah dana yang bisa digunakan.

Misal, memiliki limit kartu kredit sebesar Rp5 juta, maka peluang kredit yang bisa kamu peroleh mencapai Rp25 jutaan. Hal ini dikarenakan pihak bank biasanya memberikan kredit sampai 5x lebih besar dari limit kartu kredit nasabah.

Pengajuan Kredit Serba Mudah melalui digibank KTA

Sebenarnya, pengajuan KTA ini tidaklah sulit selama semua persyaratan sudah terpenuhi. Apalagi jika kamu memilih mengajukannya melalui digibank KTA. Ada banyak kemudahan yang bisa kamu rasakan seperti berikut ini.

  • Akses Mudah 24 Jam Online

Pelayanan kredit tanpa agunan tersedia 24 jam dan dapat diakses kapan dan dimanapun cukup melalui Aplikasi digibank by DBS atau go.dbs.com/kta

  • Cukup 60 Detik untuk Approval

Kamu tidak perlu menunggu lama buat approval, karena prosesnya hanya 60 detik saja.

  • Bebas Dokumen Fisik

Tidak perlu photocopy ini itu, karena bebas dokumen fisik.

  • Leluasa Mengajukan Jumlah Dana

Jangan khawatir soal jumlah dana kredit yang bisa diajukan, karena digibank KTA memberikan kebebasan bagi nasabah untuk mengajukan angkanya sesuai kebutuhan.

  • Pencairan Dana Hingga Rp200 Juta

Dana kredit bisa dicairkan langsung oleh nasabah ke rekening digibank by DBS dan jumlahnya mencapai batas maksimal hingga Rp200 juta.

  • Batas Pelunasan Cicilan Sampai 36 Bulan

Nasabah juga diberikan waktu panjang untuk melunasi cicilan, yakni hingga 36 bulan lamanya.

  • Persyaratan Mudah

Persyaratannya sangatlah mudah.Pastikan kamu berdomisili Jabodetabek, Surabaya, Bandung, atau Semarang, punya e-KTP dan NPWP, dan berpenghasilan minimal Rp5 juta per bulan.

Dengan banyaknya kemudahan yang ditawarkan tersebut, pastinya kamu semakin percaya untuk mengajukan kredit tanpa agunan digibank KTA, bukan? Kalau begitu, apply sekarang juga. Tentang informasi selengkapnya, kamu bisa klik link berikut ini https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/kredit-digibank-kta.