REKENING VALAS

Khusus untuk bagian ini terdapat definisi sebagaimana disebutkan dibawah ini, hal-hal lain yang tidak didefinisikan secara khusus akan merujuk pada Definisi dari Syarat dan Ketentuan digibank:

Bank adalah PT Bank DBS Indonesia

Nasabah adalah pemilik Rekening Valas di Bank

Rekening Valas adalah rekening dalam berbagai mata uang dengan 1 (satu) nomor rekening yang dapat dibuka melalui aplikasi digibank by DBS.

Konversi Valas adalah instruksi nasabah untuk melakukan transaksi valuta asing dengan sumber dana dari Rekening Valas.

Instruksi adalah perintah melakukan konversi valas melalui Aplikasi digibank by DBS

Instruksi Setelah Batas Waktu adalah perintah konversi valas yang diberikan melewati batas waktu yang ditetapkan oleh Bank.

Kurs adalah nilai tukar mata uang yang berlaku di Bank

 

KETENTUAN MENGENAI REKENING VALAS

  1. Rekening Valas hanya dapat dibuka untuk nasabah WNI dan penduduk di Indonesia melalui aplikasi digibank by DBS.
  2. Bunga Rekening Valas akan dihitung berdasarkan saldo rekening tiap akhir hari dan akan dibayarkan ke rekening pada akhir bulan. Apabila akhir bulan jatuh pada hari libur maka bunga dan pajak akan dikenakan di hari kerja sebelumnya.
  3. Penempatan dana ke Rekening Valas dapat dilakukan dengan cara: (a) Penerimaan dana yang berasal dari rekening nasabah di Bank baik berasal mata uang yang sama maupun mata uang yang berbeda atau (b) setor tunai dengan mata uang yang bisa dilakukan oleh kantor cabang Bank DBS Indonesia dengan tingkat nilai tukar yang berlaku di Bank dan tunduk pada komisi dan/atau biaya layanan yang berlaku di Bank
  4. Penarikan dana dari Rekening Valas dapat dilakukan dengan cara: (a) Pengiriman dana dari Rekening Valas ke rekening nasabah di Bank dalam mata uang yang sama maupun mata uang yang berbeda atau (b) penarikan dana dengan mata uang yang bisa dilakukan oleh kantor cabang Bank DBS Indonesia dengan tingkat nilai tukar yang berlaku di Bank dan tunduk pada komisi dan/atau biaya layanan yang berlaku di Bank.
  5. Mata uang yang berlaku dan tersedia di kantor cabang DBS Indonesia dapat dilihat di media komunikasi yang lazim digunakan oleh Bank dari waktu ke waktu.
  6. Pajak dan Risiko Mata Uang Asing pada Rekening Valas:
    1. Nasabah mengetahui dan setuju bahwa ada risiko nilai tukar mata uang asing berkenaan dengan saldo atau produk perbankan lainnya dalam mata uang asing. Oleh karenanya nasabah setuju bahwa penerimaan dari rekening mata uang asing tergantung pada nilai tukar kurs yang berlaku pada waktu transaksi dilakukan
    2. Nasabah memahami dan melepaskan Bank dari tuntutan atas setiap penurunan dari nilai dana yang disebabkan oleh pajak atau depresiasi atau atas tidak tersedianya dana untuk dapat ditarik setiap waktu yang disebabkan oleh pembatasan atau penukaran, permintaan resmi, penggunaan kekuasaan pemerintah atau militer, perang, pemogokan atau sebab lain di luar kekuasan Bank. Sebagai tambahan Bank tidak berkewajiban untuk membayar kepada Nasabah sejumlah dana ke dalam Rekening, baik dengan cara giro (draft) atau tunai dengan menggunakan mata uang yang sama atau lainnya apabila negara asal mata uang asing membatasi persediaan, kredit atau pemindahan dana tersebut.
 

KETENTUAN MENGENAI TRANSAKSI REKENING VALAS

  1. Nasabah setuju bahwa, jika suatu transaksi dilakukan dalam mata uang yang berbeda dengan mata uang rekening yang bersangkutan, Bank dapat mengkonversi jumlah transaksi tersebut ke dalam mata uang rekening yang bersangkutan dengan kurs nilai tukar yang berlaku di Bank dan Bank dapat membebani Nasabah dengan biaya konversi tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Bank (jika ada).
  2. Nasabah setuju bahwa apabila terdapat konversi mata uang asing terhadap Rupiah atau terhadap mata uang asing lainnya oleh Nasabah melebihi dari jumlah yang ditentukan sesuai dengan peraturan yang berlaku, maka Nasabah dapat melakukan konversi valas di kantor cabang dengan wajib menyerahkan surat pernyataan, dokumen pendukung dan dokumen underlying yang diminta dan dapat dipertanggungjawabkan kepada Bank sesuai dengan peraturan yang berlaku, dengan tetap memperhatikan ketentuan Bank Indonesia tentang Transaksi Valuta Asing terhadap Rupiah.
  3. Sehubungan dengan Peraturan Bank Indonesia tentang Kewajiban Penggunaan Rupiah di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), seluruh transaksi di Indonesia wajib menggunakan Rupiah. Dalam hal Nasabah tetap akan melakukan transaksi dalam Valas, maka Nasabah setuju untuk mengisi tujuan transaksi atas setiap Instruksi valas.
  4. Nasabah wajib memastikan jumlah dana dalam Rekening Valas mencukupi untuk melakukan Konversi Valas yang bebas dari segala jaminan atau pembebanan atau sita apapun.
  5. Instruksi Setelah Batas Waktu berkemungkinan untuk dijalankan pada hari kerja berikutnya sesuai dengan ketentuan dalam https://go.dbs.com/rekeningvalas dengan menggunakan Kurs yang berlaku pada saat hari Konversi Valas dijalankan
  6. Ketentuan lainnya atas Konversi Valas akan mengikuti ketentuan yang berlaku  dalam https://go.dbs.com/rekeningvalas.
 

TRANSAKSI DI KANTOR CABANG BANK

Nasabah dapat menggunakan jasa dan layanan yang tersedia di kantor cabang Bank sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada Bank dari waktu ke waktu

 

REKENING VALAS (PER MATA UANG) TIDAK AKTIF DAN DORMANT

  1. Untuk melindungi dana Nasabah, Bank berhak untuk mengubah status Rekening Valas aktif menjadi Rekening Valas tidak aktif (Inactive) apabila tidak ada transaksi pendebitan pada rekening Nasabah selama 12 (dua belas) bulan berturut-turut.
  2. Pengaktifan Rekening Valas berstatus tidak aktif (inactive) dapat dilakukan melalui transaksi Nasabah sesuai dengan prosedur pengaktifan yang ditentukan oleh Bank dari waktu ke waktu. Tata cara pengaktifan rekening dapat disampaikan melalui media komunikasi yang lazim digunakan oleh Bank.
  3. Apabila tidak ada prosedur pengaktifan yang dilakukan oleh Nasabah dalam 12 (dua belas) bulan sejak Rekening Valas berstatus tidak aktif, maka Bank berhak untuk mengubah status Rekening Valas menjadi dormant.
  4. Selama Rekening Valas berstatus dormant, maka segala transaksi pendebetan dan beberapa jenis transaksi pengkreditan tidak dapat dilakukan, kecuali transaksi yang terkait dengan biaya-biaya Bank.
  5. Pengaktifan Rekening Valas berstatus dormant dilakukan berdasarkan permintaan Nasabah melalui kantor cabang Bank dan mengikuti prosedur pengaktifan yang berlaku pada Bank dari waktu ke waktu
 

PENUTUPAN DAN PEMBLOKIRAN REKENING VALAS

Dalam hal Rekening Valas milik Nasabah ditutup/diblokir, maka:

  1. Seluruh mata uang dalam Rekening Valas akan ditutup/diblokir. Nasabah tidak dapat melakukan penutupan/pemblokiran per mata uang.
  2. Nasabah menyetujui bahwa seluruh manfaat-manfaat yang diperoleh sebelumnya berkaitan dengan Rekening Valas akan berakhir.
  3. Nasabah menyetujui akan membayar biaya atau biaya-biaya yang terhutang terhadap Bank yang terdiri dari biaya penutupan Rekening Valas, dan biaya meterai yang merujuk pada informasi tarif dan biaya yang tertera pada brosur, laman (website) atau media lain yang berlaku pada Bank.
  4. Nasabah menyetujui bahwa Bank akan mengirim sisa dana yang tersedia dalam Rekening Valas ke rekening Bank yang telah ditunjuk oleh Nasabah.
  5. Syarat dan Ketentuan ini akan tetap berlaku sampai seluruh kewajiban-kewajiban Nasabah telah dipenuhi secara keseluruhan.
 

PERNYATAAN DAN JAMINAN


  1. Nasabah menyatakan dan menjamin kepada Bank dipenuhinya semua hal yang harus dilakukan untuk melaksanakan Konversi Valas; menyetujui dan memahami syarat dan ketentuan ini; setiap instruksi adalah sah, berlaku, mengikat dan dapat dilaksanakan terhadapnya dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan mengerti risiko yang ada.
  2. Nasabah setuju dan dengan ini menjamin serta membebaskan Bank dari segala kewajiban, tuntutan, gugatan dan klaim apapun dari pihak manapun (termasuk dari pengirim sendiri maupun penerima), serta dari tanggung-jawab atas setiap dan semua kerugian dan/ atau risiko yang timbul, baik karena:
    1. Setiap perubahan nilai nominal mata uang asing karena perubahan nilai mata uang asing terhadap Rupiah.
    2. Terjadi penghentian sementara /pemblokiran atas regulasi yang berlaku.
    3. Kekeliruan dalam memberikan instruksi melalui Aplikasi digibank by DBS.
    4. Pelanggaran oleh Nasabah atas kewajibannya dalam syarat dan ketentuan ini atau atas pernyataan dan jaminan dalam Syarat dan Ketentuan ini yang tidak benar atau tidak lengkap.
  1. Dengan melakukan Instruksi Konversi Valas kepada Bank, Nasabah dianggap telah memahami dan menyetujui hal-hal berikut ini:
    1. Nasabah telah menerima, membaca, memahami dan menyetujui syarat dan ketentuan ini.
    2. Nasabah telah mengerti dan memahami segala konsekuensi pemanfaatan layanan Bank, termasuk manfaat, risiko, dan biaya-biaya yang melekat pada layanan Konversi Valas serta Nasabah telah menerima, memahami dan tunduk terhadap syarat dan ketentuan sebagaimana yang ditetapkan oleh Bank.
  2. Nasabah menyatakan mengetahui dan menyetujui bahwa kurs valas yang digunakan mengacu pada Kurs yang berlaku pada Bank
  3. Syarat dan ketentuan ini telah disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan termasuk ketentuan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  4. Nasabah memahami dan menyetujui bahwa hal-hal lain yang tidak diatur secara khusus dalam Syarat dan Ketentuan Rekening Valas ini, tunduk pada Syarat dan Ketentuan mengenai Aplikasi digibank Mobile Banking.
  5. PT Bank DBS Indonesia terdaftar dan diawasi oleh OJK, serta merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).