At a Glance

Keuntungan lebih tinggi dari deposito

 

Pendapatan tetap setiap bulannya dari pembayaran Kupon/Imbalan

 

Registrasi dan beli via aplikasi tanpa harus ke cabang

 

 

 

Fitur & Keuntungan

  1. Investasi aman dengan keuntungan maksimal
    Ingin investasi dengan resiko rendah dan keuntungan relatif tinggi? Beli Obligasi Negara yang memberikan tingkat keuntungan diatas deposito dan jaminan dari Pemerintah RI!
  2. Pembayaran Kupon/Imbalan setiap bulan
    Kupon/Imbalan dibayarkan di tanggal yang sama setiap bulannya sehingga pengaturan cashflow kamu tetap terjaga
  3. Pesan Obligasi dimana saja dengan beberapa langkah mudah
    Tidak perlu bolak balik ke cabang untuk pemesanan Obligasi. Lakukan registrasi dan pembelian Obligasi via Aplikasi digibank by DBS melalui HP mu
 

Produk Obligasi

ProdukMasa Penawaran
ST006

1 November 2019 (pkl 9.00 WIB) -21 November 2019 (pkl 10.00 WIB)

ORI016

2 Oktober 2019 (pkl 9.00 WIB) – 24 Oktober 2019 (pkl 10.00 WIB). Tanggal penjualan kembali mulai 16 Desember 2019.

SBR008

05 September 2019 (pkl 9.00 WIB) – 19 September 2019 (pkl 10.00 WIB)

ST005

08 Agustus 2019 (pkl 9.00 WIB) sampai 21 Agustus 2019 (pkl 10.00 WIB)

SBR007

11 Juli 2019 (pkl 9.00 WIB) sampai 25 Juli 2019 (pkl 10.00 WIB)

ST004

03 Mei 2019 (pkl 9.00 WIB) sampai 21 Mei 2019 (pkl 10.00 WIB)

 
 
 

Yang kamu perlu tahu

 

Apa itu Obligasi Pemerintah Ritel?

Obligasi Pemerintah Ritel atau biasa disebut dengan Surat Berharga Negara (SBN) adalah obligasi atau surat utang Pemerintah Indonesia yang dijual kepada Warga Negara Indonesia melalui agen penjual yang telah ditunjuk.

SBN dibagi menjadi dua kelompok produk yaitu :

  • Surat Utang Negara (SUN), contoh : Savings Bonds Retail (SBR) dan Obligasi Negara Ritel (ORI)
  • Surat Berharga Sukuk Negara (SBSN), contoh : Sukuk Tabungan (ST) dan Sukuk Ritel (SR)

 

Apa yang dimaksud dengan Surat Utang Negara?

Surat Utang Negara (SUN) adalah surat berharga yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dan hanya dijual kepada individu atau perorangan WNI, melalui Mitra Distribusi yang ditunjuk

 

Apa yang dimaksud dengan Surat Berharga Syariah Negara ?

Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau sering disebut Sukuk Negara adalah surat berharga yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia berdasarkan prinsip Syariah hanya dijual kepada individu atau perorangan WNI, melalui Mitra Distribusi yang ditunjuk. 


Apakah ada produk SBN yang dapat dijual kembali (tradeable) sebelum masa jatuh tempo?

Obligasi Negara Ritel (ORI) dan Sukuk Ritel (SR) adalah dua produk yang dapat diperjualbelikan sebelum tanggal jatuh tempo.


Apa itu layanan SBN Ritel Online?

Sekarang, SBN makin mudah diakses dengan adanya layanan e-SBN Ritel Online. Layanan tersebut memungkinkan kamu untuk memesan, membayar, membuat single identification number (SID) yang dibutuhkan untuk mulai investasi, mengecek profil risiko, dan menjual surat berharga yang kamu miliki secara online.

Di mana pun lokasi kamu, kamu tinggal download atau login di Aplikasi digibank by DBS, isi data pribadi, dan kamu bisa lakukan pemesanan SBN. Mudah kan?

Keuntungan apa saja yang bisa didapatkan dari SBN Ritel Online?

  1. Online!

    Untuk membantu kamu yang super sibuk, investasi pun lebih nyaman dilakukan online. Kamu cuma butuh satu Aplikasi digibank by DBS untuk melakukan rangkaian pemesanan, pembelian, dan pencairan Obligasi ini.

  2. Investasi yang dijamin oleh pemerintah

    Pembayaran produk dan keuntungan SBN dibayarkan oleh Pemerintah Indonesia sesuai periode masing-masing produk. Kamu bisa mengecek periode tersebut di fact sheet website atau Memorandum Informasi sebelum membeli produk SBN yang kamu inginkan.

  3. Investasi minimal, keuntungan maksimal

    Kamu bisa memiliki SBN Ritel Online mulai Rp1 juta! Plus, dapat Kupon/Imbalan dengan persentase tetap sesuai ketentuan masing-masing produk. Jadi, kamu akan dapat keuntungan lebih besar dari deposito pada umumnya.

  4. Prinsip pengelolaan Syariah untuk produk SBSN

    Buat kamu yang lebih suka investasi dengan prinsip syariah, ada pilihan produk SBSN yang dibuat tanpa riba (bunga), gharar (spekulasi), dan maysir (judi). Bikin hati tenang, ‘kan?

  5. Berkontribusi untuk kemajuan Indonesia

    Dengan menjadi investor SBN, kamu sudah ikut serta mewujudkan prioritas pembangunan Pemerintah Indonesia.


Berapa biaya pembelian SBN di Aplikasi digibank by DBS?

Gratis! Kamu tidak perlu membayar biaya apapun saat melakukan pemesanan, registrasi, pembelian, dan penjualan SBN melalui Aplikasi digibank by DBS.

 

Bagaimana cara membeli SBN Ritel Online di Aplikasi digibank by DBS?

Kalau kamu belum punya Tabungan digibank, ikuti langkah ini, ya:

  1. Download Aplikasi digibank by DBS dari App Store atau Play Store
  2. Masukkan data diri untuk buat Tabungan digibank
  3. Klik “Obligasi” dan cek ketersediaan produk. Jika produk tersedia, kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan untuk mengetahui profil risiko dan membuat nomor SID. Apabila nomor SID sudah dibuat, kamu akan mendapatkan notifikasi email.
  4. Setelah ini, login kembali dan klik “Registrasi e-SBN” untuk menyelesaikan proses pendaftaran
  5. Pilih produk yang tersedia, masukkan jumlah yang kamu inginkan, lalu lakukan pembayaran. Portoflio investasi obligasi yang kamu beli akan terlihat setelah tanggal setelmen dari produk.


Bagaimana cara mengetahui pemesanan dan pembayaran pesanan SBSN sudah berhasil?

Setelah melakukan pembayaran, kamu akan mendapatkan Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) pada laman konfirmasi pembayaran.

Selain itu, kamu bisa mengecek status pesanan di bagian “Dalam Proses”. Jika pembayaran berhasil, pesanan kamu akan ditandai dengan “Sudah dibayar”, sedangkan yang belum akan ditandai dengan “Menunggu dibayar”.

 

Apa itu “Registrasi e-SBN”?

Apabila SID kamu sudah tersedia, setelah klik “Obligasi”, kamu akan melihat ajakan untuk melakukan “Registrasi e-SBN”. Lanjutkan dengan klik “Yuk, lanjut” dan konfirmasi ya, supaya kamu siap untuk melakukan pemesanan.

 

Produk obligasi apa yang tersedia di digibank?

Produk obligasi pemerintah akan tersedia di digibank kamu sesuai masa penawaran obligasi seperti yang ditetapkan oleh penerbit obligasi (pemerintah).

 

Bagaimana untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk obligasi yang akan saya pesan?

Pada saat melakukan pemesanan di Aplikasi digibank by DBS, kamu dapat langsung melihat informasi produk seperti masa penawaran, imbal hasil dan tanggal setelmen. Jangan lupa untuk klik dan membaca Memorandum Informasi pada laman produk saat kamu malakukan pemesanan di digibank ya.

Untuk detail produk SUN yang tersedia, kamu dapat melihatnya di halaman berikut https://www.kemenkeu.go.id/single-page/savings-bond-ritel/ .

Dan untuk detail produk SBSN yang tersedia, kamu juga dapat melihat langsung di laman https://www.kemenkeu.go.id/sukuktabungan

 

Apa bukti kepemilikan SBN Ritel Online?

SBN Ritel Online diterbitkan tanpa warkat. Tapi, tenang saja, kamu sebagai investor akan mendapatkan konfirmasi kepemilikan yang dikirimkan ke alamat korespondensi kamu yang sudah terdaftar di bank. Nantikan, ya!

 

Apakah saya bisa menambah jumlah pesanan?

Yup, kamu bisa tambah jumlah pesanan dengan melakukan pemesanan baru selama masih dalam masa penawaran. Yang terpenting, jumlah pemesanan dan kepemilikan kamu tidak mencapai batas maksimal Rp3 miliar, termasuk apabila kamu melakukan pemesanan di mitra distribusi (midis) lainnya.  Sisa kuota kamu dapat dilihat pada saat kamu melakukan pemesan di digibank. Kuota keseluruhan (nasional) obligasi yang kamu pesan secara nasional juga dapat dilihat pada saat kamu melakukan pemesanan.

 

Bagaimana saya melakukan pembayaran dari digibank apabila saya memilih untuk 'Bayar nanti saja' setelah melakukan pemesanan?

Apabila kamu memilih 'Bayar nanti saja' setelah melakukan pemesanan, kamu dapat kembali melanjutkan pembayaran melalui beranda Investasi - Obligasi kamu di digibank, memilih pemesanan kamu di bagian 'Dalam Proses' dan melanjutkan pembayaran.

 

Bagaimana jika saya tidak melakukan pembayaran hingga 3 jam setelah pemesanan?

Hmm.. pemesanan kamu akan dianggap batal dan kuota pemesanan individu kamu akan bertambah sejumlah pembatalan dua hari kerja berikutnya.

Kapan saya dapat menjual kembali ORI dan SR yang saya beli?

Produk Obligasi Ritel Indonesia (ORI) dan Sukuk Ritel (SR) yang kamu miliki mulai dapat dapat dijual kembali sesuai dengan tanggal penjualan kembali yang tertera di laman produk di Aplikasi digibank kamu. Pada tanggal yang disebutkan, akan ada tombol “Jual” untuk mulai melakukan penjualan. Untuk produk ORI dan SR yang dibeli sebelum bulan Oktober 2019, penjualan dapat dilakukan dengan mengunjungi kantor cabang DBS terdekat, ya. Setelah kamu melakukan penjualan, dana akan kamu terima sesuai dengan tanggal setelmen penjualan.


Bagaimana cara saya mengetahui harga jual kembali produk ORI dan SR yang saya miliki?

Harga jual kembali produk ORI dan SR akan mengikuti harga yang ditetapkan oleh Bank DBS sesuai dengan kondisi dan situasi pasar obligasi saat itu. Harga ini dapat berubah dari waktu ke waktu, dan dapat kamu lihat langsung pada saat kamu akan melakukan penjualan di digibank. Kamu juga dapat melihat perkiraan dana yang akan kamu terima (sebelum pemotongan pajak).


Pada saat melakukan penjualan kembali, apakah ada batasan tertentu berapa jumlah yang dapat saya jual?

Kamu dapat menjual sebagian ataupun seluruh produk ORI atau SR yang kamu miliki sesuai dengan keinginan kamu. Penjualan maksimal yang dapat kamu lakukan adalah sejumlah nilai produk ORI atau SR yang kamu miliki dan penjualan dapat dilakukan dalam kelipatan Rp 1.000.000.


Apakah ada biaya lain yang dikenakan apabila saya mau menjual kembali produk ORI atau SR yang saya miliki?

Gratis! Kamu tidak perlu membayar biaya apapun saat melakukan penjualan kembali melalui Aplikasi digibank by DBS.

Selain ORI dan SR, apakah produk SBN lainnya bisa dicairkan sewaktu-waktu?

Produk SBN selain ORI dan SR hanya dapat dicairkan di awal pada masa early redemption, yang akan dibuka pemerintah satu tahun setelah pembelian. Di masa itu, pada laman produk Obligasi digibank kamu akan ada tombol “Cairkan” untuk melakukan pencairan.  Ada syarat dan ketentuan yang berlaku, ya. Salah satunya, pencairan maksimal adalah 50% dari transaksi pembelian yang dilakukan. Plus, kamu harus memiliki setidaknya 2 unit kepemilikan dengan total nilai Rp2 juta. Dana akan kamu terima pada tanggal setelmen pencairan yang akan ditampilkan di laman digibank kamu.

Pencairan awal di masa early redemption ini hanya dapat langsung kamu lakukan di Aplikasi digibank by DBS ya.

 

Kapan saya akan menerima kembali semua dana saya?

Kamu akan menerima kembali semua dana kamu, yaitu sisa yang belum dicairkan di masa early redemption, pada saat produk SBN mu jatuh tempo. Pencairan pada akhir jatuh tempo ini akan berjalan tanpa kamu harus melakukan apa-apa di Aplikasi digibank by DBS kamu.

 

Apa ada pajak untuk imbal hasil yang saya dapatkan?

Ya, ada pajak sebesar 15% dari pendapatan Kupon/Imbalan per tahun.

 

Selain ORI dan SR, apakah produk SBN Ritel Online lainnya bisa dipindahtangankan?

Kepemilikan SBN selain produk ORI tidak bisa dipindahtangankan, nih. Tetapi jika pemiliknya meninggal, hak atas imbal hasil atau pokok SBN dapat dialihkan kepada ahli waris yang berhak sesuai keputusan pengadilan.


Untuk tahu lebih jauh mengenai Syarat & Ketentuan transaksi Obligasi, klik disini
 

Produk Terkait

Terima kasih atas masukan Anda

Apakah informasi ini bermanfaat?

Terima kasih atas masukan Anda
Bagaimana informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini
Beri kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!>$&-()',./

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /