Waspada Notifikasi OTP Tidak Diminta Pernah menerima SMS atau e-mail berisi nomor OTP walau tidak bertransaksi? Waspadai modus penipuan yang mengincar akses rekening Anda secara ilegal dengan memahami risiko dan cara menghindarinya.
Alur Modus OTP yang Tidak Diminta:
Anda menerima OTP melalui SMS atau e-mail secara tiba-tiba.
Abaikan jika menerima pesan atau telepon tidak dikenal yang meminta OTP.
Penipu menghubungi Anda dan mengaku sebagai pihak Bank atau institusi resmi.
Tutup telepon, verifikasi langsung ke nomor resmi institusi terkait.
Penipu menginformasikan ada transaksi mencurigakan dan meminta Anda membatalkan transaksi tersebut dengan memberikan OTP atau mengisi informasi pada link phishing.
Jangan terkecoh, OTP bukan alat pembatalan transaksi dan bersifat rahasia.
3 Tips & Langkah Penting Menjaga Keamanan Finansial:
Jangan berikan OTP, PIN, atau CVV kepada siapa pun termasuk pihak yang mengaku Bank.
Abaikan tautan dari pesan atau e-mail tidak dikenal.
Pastikan menghubungi nomor resmi DBSI Customer Centre yang ada di belakang kartu debit atau kredit, di e-Statement , atau akses Live Chat melalui Aplikasi DBS digibank.
Kontak Resmi PT Bank DBS Indonesia
Aplikasi DBS digibank: Live Chat 24/7 melalui digibot (ikon chat pada bagian kanan atas).
DBSI Customer Centre : Nasabah digibank: 0804-1500-327 atau +6221-29852888 (dari luar Indonesia). Nasabah DBS Treasures & Treasures Private Client: 1500327 atau +6221-298-52800 (dari luar Indonesia). Hanya digunakan untuk menerima panggilan nasabah.
E-mail resmi: dbsicc@dbs.com
Kanal resmi lainnya
WhatsApp Bisnis: +62-85815003270 (khusus pengiriman pesan satu arah dari Bank ke Nasabah).
Website : https://www.dbs.id
Facebook: DBS dan DBS digibank Indonesia
Instagram: @dbsbankid dan @digibankid
YouTube: DBS Indonesia dan DBS digibank Indonesia
Tiktok: @digibankid