Resolusi Finansial Supaya Tahun 2019 Makin Spesial


Ngaku deh, pasti di antara berbagai resolusi tahun 2019 yang kamu buat pasti ada tuh nyelip tentang mengatur keuangan dengan baik. Memang harus diakui, menjaga komitmen mengenai resolusi keuangan agak susah-susah gampang. Iyalah, karena godaannya banyak seiring waktu berjalan. Tapi tenang aja, ada beberapa cara nih biar pengetahuan literasi finansial dan cash flow kamu selama tahun 2019 berjalan mulus dan lebih terurus.

Bayar semua utang


Percuma tau ngga sih, kalau punya berbagai macam resolusi keuangan yang keren-keren, tapi masih punya utang berjibun. Makanya, cepet deh lunasin utangnya secara bertahap. Maksudnya bertahap adalah dengan bayar utang yang punya bunga dan biaya paling tinggi, atau utang-utang konsumtif yang sebenarnya ngga menghasilkan apa-apa. Baru deh bayar utang produktif seiring waktu berjalan. Karena kalau utang lama-lama dibiarin, malah jadi beban buat kondisi keuangan. Ujung-ujungnya bakal nyusahin kamu sendiri untuk mencapai keamanan finansial di tahun 2019 ini.

Cari penghasilan tambahan

Di era serba digital kayak sekarang, udah bukan waktunya lagi hanya mengandalkan gaji bulanan, kamu perlu penghasilan tambahan. Manfaatin semua kemudahan saat ini untuk mendapatkan penghasilan, misal membuka toko online, jadi penulis freelance, menjadi barista, memulai usaha kuliner. Meski skalanya kecil-kecilan, jika dilakukan dengan tekun dapat menghasilkan duit yang ngga sedikit, lho. Lumayan kan, bisa menambah anggaran buat bayar berbagai tagihan atau sekadar tambahan uang jajan.

Track semua pengeluaran

Kalau kamu tipe orang yang susah ngatur cash flow, mulai sekarang manfaatin deh teknologi yang bisa bantu perencanaan keuangan kamu. Di aplikasi digibank by DBS, ada namanya fitur Spending Tracker yang bisa memantau dan mengontrol pengeluaran harianmu, serta membuat anggaran untuk semua kebutuhan rutin kamu dengan mudah. Fitur ini bakal jadi teman setiamu dalam memilah dan memilih pos belanja dan memperlihatkan pos-pos mana saja yang bisa kamu mulai terapkan penghematan dan dananya tersebut dialihkan untuk ditabung.

Mulai investasi

Sejak punya pendapatan tetap, semestinya kesadaran untuk berinvestasi semakin tinggi dan ngga perlu diingetin lagi, lho. Tapi kalau saat ini kamu belum juga menjalankan aktivitas investasi, ngga ada kata terlambat kok. Kenapa? Uang yang kamu punya dirasa ngga cukup buat investasi? It’s no big deal, kamu tetep bisa banget berinvestasi dengan uang yang kamu punya saat ini, karena ada sejumlah produk investasi yang ngga butuh dana besar, reksadana misalnya. Atau kalau kamu sudah jadi nasabah digibank, rasain deh tuh mudahnya investasi deposito melalui aplikasi digibank by DBS dengan bunga 7% mulai dari Rp5 juta.
Sembari mempelajari produk-produk investasi lainnya, sempatkan juga berinvestasi pada diri sendiri dengan mengikuti kelas, workshop, seminar tentang financial planning. Sebulan lalu, digibank by DBS bekerjasama dengan Jouska mengadakan Money Coach bersama Roland Hasiholan di Union Space. Untuk informasi Money Coach edisi selanjutnya, kamu bisa follow Instagram-nya digibank. Jangan sampai kelewatan yah!

Percayalah, usaha itu ngga akan mengkhianati hasil. Ibaratnya, meski kamu harus mendaki gunung, lewati lembah, membelah lautan, dan segala macam yang harus mengeluarkan effort yang ngga sedikit, di depan sana pasti ada imbalan yang setimpal untuk usaha keras kamu. Seiring kamu mewujudkan resolusi finansial di tahun baru ini, pasti ada aja deh di tengah perjalanan, kerikil-kerikil yang menghalangi kamu. Pokoknya jangan cepet nyerah, ya!