Syarat Membuat Kartu Kredit Pertama Kali dan Tipsnya
10 Jan 2022

Syarat Membuat Kartu Kredit Pertama Kali dan Tipsnya

Syarat membuat kartu kredit sebenarnya sekarang ini menjadi semakin mudah. Mempunyai kartu kredit di masa sekarang bahkan sudah dianggap sebagai hal wajib yang harus dimiliki agar bisa menopang gaya hidup.

Bukan hanya berguna sebagai penopang gaya hidup, namun kartu kredit juga mempunyai fungsi bisa membantu seseorang melakukan pembayaran pada berbagai transaksi keuangan dengan cepat dan mudah.

Dengan menggunakan kartu kredit kamu bisa dengan mudah belanja bulanan, membeli tiket pesawat bahkan berbelanja di akhir bulan sekalipun. Bahkan, dengan perkembangan keuangan, sekarang bank juga mengeluarkan kartu kredit online.

Manfaat Memiliki Kartu Kredit

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, syarat membuat kartu kredit sebenarnya mudah, sayang rasanya jika tidak mencoba melakukan pengajuan. Lebih-lebih kartu kredit bukan hanya memberikan kemudahan melakukan transaksi.

Ada berbagai macam keuntungan kartu kredit yang bisa kamu nikmati, seperti:

  1. Adanya cicilan 0%. Sebagai pemilik kartu kredit, kamu bisa menikmati cicilan 0%, dengan adanya cicilan 0% ini, tentu saja kamu bisa lebih mudah ketika ingin membeli barang dengan cara kredit.
  2. Dapat digunakan untuk mengatur pembayaran secara berkala. Banyaknya tagihan bulanan terkadang membuat kita bingung dan pusing. Namun, sepertinya hal ini tidak akan terjadi lagi.
    Kamu bisa mengatur tagihan seperti tagihan listrik, telepon, hingga air PDAM dengan menggunakan kartu kredit. Bahkan, meskipun kamu menggunakan kartu kredit online, pengaturan pembayaran ini tetap bisa dilakukan.
  3. Banyaknya diskon serta rewards. Ketika kamu semakin sering melakukan transaksi dengan menggunakan kartu kredit, nantinya akan semakin banyak rewards atau poin yang akan diperoleh. Poin ini nantinya dapat ditukar dengan hadiah yang disediakan oleh bank penerbit kartu kredit yang kamu miliki.
  4. Dapat mengatur pembayaran cicilan dengan menggunakan minimal pembayaran. Ketika sedang terdesak, kamu diperbolehkan melakukan pembayaran minimal dari jumlah tagihan bulanan. Tentu saja hal ini bisa mempermudahmu untuk mengatur pembayaran tagihan setiap bulan.
  5. Transaksi menjadi lebih praktis. Memiliki kartu kredit memang bisa membuat transaksi yang kamu lakukan menjadi jauh lebih praktis. Bayangkan saja, kamu tidak perlu membawa banyak uang ketika ingin melakukan transaksi. Kamu bisa menggunakan kartu pintar ini untuk melakukan pembayaran.

Syarat Membuat Kartu Kredit untuk Pertama Kali

Untuk pembuatan kartu kredit, berikut syarat yang harus kamu ketahui dan penuhi, antara lain:

  1. Batas usia pengajuan kartu kredit
    Syarat membuat kartu kredit yang pertama kali tentu saja adalah batas usia. Usia pemegang kartu utama adalah 21 hingga 60 tahun, namun usia untuk pemegang kartu tambahan minimal 17 tahun. Pastikan kembali bila usiamu sudah memenuhi syarat.
  2. Syarat minimal penghasilan
    Sebenarnya untuk syarat minimal penghasilan ini bergantung dari jenis kartu yang kamu inginkan. Untuk jenis seperti gold, biasanya minimal pendapatan sebesar Rp5 juta, sedangkan untuk platinum, syarat minimal pendapatan Rp15 juta.
    Syarat membuat kartu kredit untuk minimal penghasilan ini harus kamu perhatikan dengan baik. Kamu bisa memilih kartu yang sesuai dengan penghasilanmu agar nantinya tidak ada kendala ketika proses pengajuan berlangsung.
  3. Siapkan dokumen yang diperlukan
    Untuk memproses pengajuan kartu kredit yang kamu lakukan, tentu saja kamu harus menyiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan. Dokumen yang diperlukan sebenarnya tidak banyak seperti e-KTP, slip gaji, NPWP.
    Jika kamu mengajukan kartu kredit online, kamu tidak perlu meng-copy dokumen tersebut, kamu bisa membuatnya dalam bentuk JPG agar lebih mudah saat meng-upload dokumen.
  4. Mulai ajukan pembuatan kartu kredit
    Pengajuan kartu kredit saat ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Jika kamu ingin mengajukan kartu kredit online, kamu bahkan tidak perlu pergi kemanapun. Kamu bisa mengajukan kartu kredit dari mana saja dan kapan saja menggunakan aplikasi bank penerbit kartu kredit.

Tips Pengajuan Kartu Kredit Pertama agar Mudah Disetujui

Meskipun syarat membuat kartu kredit sudah dipenuhi, terkadang pengajuan tidak semudah seperti yang kita bayangkan. Lebih-lebih jika kamu baru membuat kartu kredit untuk pertama kalinya.

Agar mempermudah pengajuan kartu kredit untuk yang pertama kali, berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan, seperti:

  1. Mengerti konsep penggunaan kartu kredit sebelum melakukan pengajuan
    Saat memutuskan mengajukan kartu kredit, tentu saja kamu harus meyakinkan diri bila sudah cukup dewasa untuk menggunakan fasilitas ini. Selama belum mempunyai sifat dewasa dalam hal penggunaan kartu kredit, lebih baik menundanya dahulu.
    Perlu diketahui, kartu kredit merupakan hutang serta bukan tambahan penghasilan. Kamu harus bisa menentukan prioritas ketika akan menggunakannya. Jangan sampai dengan syarat membuat kartu kredit yang mudah, kamu melakukan pengajuan dan menggunakannya untuk hal-hal yang berlebihan.
    Sekali dua kali membeli barang yang diingini dengan menggunakan kartu kredit mungkin tidak masalah, melakukan pembayaran minimal juga tidak menjadi masalah jika hanya sekali dilakukan. Namun, jika berulang kali tentu akan membuat hutang menjadi sulit lunas.
    Meskipun kamu sudah memegang kartu serta mempunyai sejumlah pinjaman dari kartu, kamu harus memiliki tanggung jawab penuh untuk membayar. Selain itu, pastikan jika riwayat kartu yang dimiliki selalu baik. Jangan sampai menunggak pembayaran.
  2. Pastikan riwayat keuanganmu tidak bermasalah
    Tidak bermasalahnya riwayat keuangan memang tidak tertulis dalam syarat membuat kartu kredit, namun pihak bank tentu saja akan dengan cermat memeriksa seperti apa kondisi serta riwayat keuangan pemohon.
    Termasuk, bank juga akan melihat hutang yang kamu lakukan untuk membeli mobil dan rumah. Pastikan kembali bila kamu tidak memiliki kredit macet. Pihak bank bisa menjadikan tidak mampunya pembayaran tagihan sebagai pertimbangan untuk menolak tagihan.
    Tidak sedikit pemohon yang sulit mengajukan kartu kredit untuk pertama kali karena masalah keuangan yang mereka miliki di masa lalu. Pihak tersebut mungkin pernah terjerumus kredit macet atau menunggak melakukan pembayaran pinjaman dengan jumlah besar.
  3. Cari kartu yang sesuai
    Memilih kartu memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Kamu harus memastikannya dengan teliti. Cari kartu yang memberikan banyak keuntungan serta akses yang luas. Celah seperti gratis iuran tahunan, dan bunga harus diketahui dengan jelas sebelum melakukan pemilihan pada salah satu kartu.
    Kamu dapat menemukan kartu pertama sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki secara online. Jangan lupa pelajari pula seperti apa syarat membuat kartu kredit tersebut.
  4. Isi formulir pengajuan dengan tepat
    Jika kamu sudah menentukan mana kartu kredit yang pertama kali diajukan, kamu bisa segera mengajukannya. Isi berbagai macam pertanyaan yang berada di formulir. Ketika melakukan pengisian formulir, pastikan mengisinya dengan benar dan baik.
    Biasanya, penolakan pengajuan kartu kredit pertama kali bukan hanya karena syarat pembuatan yang tidak dipenuhi, namun karena pengisian formulir yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan data diri resmi. Selain itu, kesalahan pengisian formulir pengajuan juga bisa membuat pengajuan kartu kredit yang kamu lakukan terhambat.
    Ketika pengajuan kartu dilakukan, nantinya bank akan melakukan seluruh pengecekan data dengan teliti, sehingga pastikan kamu sudah melakukan pengisian kartu dengan baik dan benar.

digibank Live Fresh Pilihan Kartu Kredit Pertama yang Tepat untukmu

Apakah kamu sudah menentukan mana kartu kredit yang akan kamu jadikan sebagai pilihan? Jika belum menentukan, digibank Live Fresh bisa menjadi jawabannya.

Sebagai sebuah kartu kredit unggulan, ada berbagai macam manfaat yang akan kamu dapatkan saat menggunakan digibank Live Fresh, antara lain:

  1. Cashback hingga Rp1,5 juta
    Nikmati cashback hingga Rp1,5 juta setelah Kartu Kredit digibank-mu disetujui untuk transaksi online. Ini tentunya akan sangat menguntungkan dan bisa membuat kamu sebagai pengguna kartu kredit merasa semakin nyaman.
  1. Cashback sebesar 5% saat melakukan transaksi online
    Kamu gemar belanja online? Dengan menggunakan digibank Live Fresh, belanja online bisa menjadi semakin untung karena kamu bisa mendapatkan cashback sebesar 5% sampai Rp500 ribu saat melakukan transaksi online.
    Cashback sebesar 5% sampai Rp300 ribu saat belanja online dengan menggunakan kartu utama. Sedangkan jika menggunakan kartu tambahan, kamu tetap mendapatkan cashback 5% dengan maksimal Rp200 ribu.
    Untuk melakukan klaim cashback, kamu bisa mengirim SMS ke nomor 99333 dengan menggunakan nomor handphone yang kamu daftarkan ketika melakukan pengajuan kartu kredit digibank Live Fresh.
  1. Adanya Poin Rewards
    Kartu kredit digibank Live Fresh juga menawarkan Poin Rewards. Kamu bisa mendapatkan Poin Rewards setiap melakukan transaksi menggunakan digibank Live Fresh. Setiap transaksi Rp10 ribu kamu bisa memperoleh 1 Poin Rewards digibank.
    Jika kamu mengumpulkan 1600 Poin Rewards digibank, kamu bisa mendapat cashback Rp100 ribu untuk transaksi online. Penukaran Poin Rewards digibank juga sangat mudah, bisa melalui Aplikasi digibank by DBS maupun dari DBSI customer centre.
  1. Pay your way
    Ketika kamu melakukan transaksi dalam jumlah cukup besar, terkadang kamu ingin mengubahnya dalam bentuk cicilan bulanan untuk memudahkanmu mengatur keuangan bulanan.
    Saat menggunakan digibank Live Fresh, kamu bisa mengubah transaksi dalam bentuk cicilan sesukamu. Pengubahan transaksi bahkan bisa kamu lakukan dengan tenor hingga 60 bulan. Pengubahan transaksi ke dalam bentuk cicilan ini bisa dengan mudah menggunakan Aplikasi digibank by DBS.
  1. Atur serta monitor digibank Live Fresh-mu 24/7
    Sebagai pemilik kartu, terkadang pasti kamu takut jika kartu tersebut digunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab bukan. ketika menggunakan kartu kredit digibank Live Fresh, sepertinya kamu tidak perlu meragukan hal ini.
    Kamu bisa memonitor kartu kredit digibank Live Fresh yang kamu miliki dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Di sana, kamu juga bisa melihat mengenai informasi transaksi, aktivasi kartu serta pembuatan PIN hingga melakukan penukaran Poin Rewards digibank.
  1. Gratis iuran di tahun pertama
    Ketika kamu memilih kartu kredit, gratis iuran pertama pasti menjadi salah satu pertimbangan yang kamu lakukan bukan. kartu kredit digibank Live Fresh memiliki penawaran gratis iuran di tahun pertama.
    Dengan menggunakan digibank Live Fresh minimal Rp1 juta dalam waktu 60 hari semenjak disetujuinya kartu, kamu bisa mendapatkan penawaran ini.

Kartu kredit digibank Live Fresh memang bisa menjadi pilihan terbaik ketika bingung memilih produk kartu yang tepat. Jadi, pelajari seluruh syarat membuat kartu kredit digibank Live Fresh, dan lakukan pengajuan sekarang juga.

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS