Obligasi Ritel Indonesia , Investasi Yang Kebal Dari Risiko

Obligasi Ritel Indonesia , Investasi Yang Kebal Dari Risiko

Investasi sebetulnya memiliki instrumen yang banyak sekali, bukan hanya saham, emas, reksadana atau pun properti. Ada juga yang dinamakan investasi obligasi atau surat berharga (surat utang) yang merupakan salah satu bagian instrumen investasi di pasar modal.

Obligasi Itu Apa?

Berdasarkan keterangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), obligasi adalah surat utang berjangka menengah atau pun panjang yang dapat diperjualbelikan.

Tahukah kamu kalau perusahaan bahkan pemerintah bisa memiliki utang kepadamu? Kita bisa menjadi investor obligasi atau surat utang yang dapat membeli surat berharga yang diterbitkan oleh sebuah perusahaan atau pemerintah. Obligasi adalah pinjaman yang diberikan oleh investor kepada perusahaan atau pemerintah sebagai penerbit surat utang.

Jika obligasi yang dirilis korporasi atau perusahaan, maka dana tersebut digunakan untuk pengembangan atau ekspansi usaha, seperti tambahan modal kerja, pembayaran utang, dan lainnya. Sedangkan obligasi yang diterbitkan pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dana hasil penjualan dipakai untuk menutup defisit APBN.
 

Apa Itu Obligasi Ritel Indonesia ?

Investasi obligasi mungkin belum terlalu akrab di telinga kalian, padahal keuntungan yang ditawarkan cukup tinggi loh.

Salah satu surat berharga ini adalah Obligasi Ritel Indonesia yang merupakan salah satu instrumen investasi obligasi dimana penerbitnya adalah pemerintah melalui Kementerian Keuangan.

Tidak seperti investasi saham, instrumen Obligasi Ritel Indonesia ini tidak mengakui kepemilikan. Dengan nominal dan jatuh tempo tertentu. Namun, meski memiliki tanggal jatuh tempo, Obligasi Ritel Indonesia ini tetap bisa diperdagangkan melalui pasar obligasi. Bahkan harganya bisa lebih tinggi jika dijual di secondary market.

Sebelum melakukan pembelian Obligasi Ritel Indonesia , kamu juga harus memastikan terlebih dahulu jangka waktu atau masa tenor, biasanya jangka waktu kepemilikan adalah selama 3 (tiga) tahun dengan fixed rate yang berlaku sampai tanggal jatuh tempo.

Yuk cek apa saja keuntungan lain dari  Obligasi Ritel Indonesia !

 

Terhindar Dari Risiko Gagal Bayar

Investasi Obligasi Ritel Indonesia  ini memiliki keunggulan yang menarik dari segi risiko. Yaitu, kebal dari risiko gagal bayar. Risiko pasar dan likuiditas.

Obligasi Ritel Indonesia  kebal dari risiko gagal bayar karena dijamin oleh pemerintah dengan adanya pembayaran kupon sehingga risiko defaultnya zero percent.

 

Proses Yang Mudah

Investasi Obligasi Ritel Indonesia  ini dijual langsung oleh pemerintah melalui Kementerian Keuangan untuk investor individu. Sehingga keamanannya terjamin dan cara mendapatkannya pun sangat mudah dilakukan.

Kini, kamu dapat melakukan registrasi, beli dan jual obligasi dalam satu aplikasi saja yaitu digibank by DBS. Yang menawarkan salah satu produk Obligasi Ritel Indonesia  yaitu SBR010. 

SBR010 menjadi produk yang cocok karena selain memberikan banyak keuntungan, investasi ini juga dijamin oleh pemerintah.

Selain keuntungan diatas kamu juga bisa mendapatkan cash reward jika melakukan pembelian melalui digibank by DBS dengan layanan 24 jam non stop hanya melalui aplikasi saja, tidak perlu ke kantor cabang.

Investasi Rendah Risiko 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Obligasi Ritel Indonesia  merupakan investasi yang rendah risiko karena dijamin oleh pemerintah dengan pengembalian 100% nilai pokok pada saat jatuh tempo sehingga tidak akan terjadi risiko gagal bayar.

Pembayaran pokok maupun kupon dari Obligasi Ritel Indonesia  ini dijamin oleh Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara (SUN) dan diatur dalam anggaran APBN dalam kurun waktu tertentu.

Keuntungan Yang Tinggi 

Hasil investasi atau return Obligasi Ritel Indonesia  lebih tinggi daripada bunga tabungan atau deposito. Oleh karena itu, investasi obligasi banyak diminati oleh para investor dari berbagai kalangan.

Adanya imbal hasil dan pendapatan tetap melalui kupon berkala ini menjadikan Obligasi Ritel Indonesia  sebagai instrumen investasi yang stabil, menjanjikan dan memberi kepastian. Sehingga kamu dapat membuat target perencanaan keuangan yang matang untuk berbagai kebutuhan seperti untuk dana pendidikan, liburan dan kebutuhan lainnya saat investasimu cair.

Melalui Aplikasi digibank by DBS, kamu dapat melakukan pembelian Obligasi Ritel Indonesia  mulai dari Rp 1 juta. Pembelian dapat dilakukan dalam kelipatan Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar. Semakin banyak yang kamu beli, maka semakin banyak pula keuntungan yang akan kamu dapatkan.

 

Pendapatan tetap dari pembayaran Kupon/Imbal hasil

Keunikan lain dari Obligasi Ritel Indonesia  ini adalah terdapat kupon setiap bulannya. Kupon ini ibarat gaji atau penerimaan tetap kepada investor yang dilakukan secara rutin. Kupon tersebut tingkatannya tetap dan tidak berhubungan dengan fluktuasi pasar. Bunga kupon pun berbeda-beda setiap tahunnya. Namun, hal yang perlu diingat adalah kupon tergolong sebagai objek Pajak Penghasilan (PPh), yakni dikenakan pajak sebesar 15%.

 

Obligasi Ritel Indonesia dapat dijual kembali 

Obligasi Ritel Indonesia dapat diperjualbelikan kembali di pasar sekunder. Bahkan, harganya bisa menjadi lebih mahal dari saat kamu membelinya. Namun, penjualan setelah masa minimum holding period hanya dapat dilakukan pada sesama investor domestik saja.

Melalui Aplikasi digibank by DBS, kamu dapat melakukan proses jual beli obligasi tersebut mulai dari Rp 1 juta untuk Obligasi Rupiah dan $ 1000 untuk Obligasi US dollar. Penjualan kembali dapat dilakukan setelah settlement transaksi dilakukan dan dengan potensi keuntungan dari capital gain

Tunggu apa lagi, ayo segera lakukan pembelian Obligasi Ritel Indonesia  melalui aplikasi digibank by DBS dan ambil keuntungan serta manfaatnya! Hanya dengan penempatan mulai dari Rp 1 juta atau USD 1.000, kamu dapat mulai berinvestasi dan mendapatkan kupon/imbalan tetap yang dibayarkan setiap 6 bulan.

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS

 

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /