Rumah
25 Apr 2022

Mengenal Perbedaan KTA Online dan KPR dalam Pembelian Rumah

Banyak cara yang bisa dilakukan demi mewujudkan kepemilikan rumah impian. Salah satunya adalah dengan menggunakan dana pinjaman dari bank. Dana pinjaman ini juga bermacam-macam jenisnya. Khusus untuk pembelian rumah, kamu bisa mempertimbangkan dua jenis pinjaman yaitu KTA online dan KPR. Kira-kira seperti apa perbandingan dua jenis pinjaman ini dan mana yang dirasa lebih menguntungkan?

Perbandingan KTA dan KPR dalam Pembelian Rumah

KTA adalah Kredit Tanpa Agunan dan KPR adalah Kredit Pemilikan Rumah. Keduanya merupakan program pinjaman yang cukup populer di kalangan masyarakat. Sesuai dengan arti namanya, KPR jelas memungkinkan untuk dipakai membeli hunian impian. Sementara itu KTA saat ini juga sangat memungkinkan untuk digunakan membeli rumah. Berikut adalah perbandingan antara keduanya:

  • Proses Pengajuan

Jika dilihat dari proses pengajuannya, KPR dan KTA memiliki perbedaan yang cukup mencolok. KPR membutuhkan proses pengajuan yang lebih panjang dan rumit. Persyaratan untuk mengajukan KPR juga bisa dibilang lebih sulit. Belum lagi harus ada proses survei yang dilakukan oleh pihak bank dan ini juga akan memakan waktu lebih lama.

Sementara itu untuk KTA terbilang jauh lebih mudah dari segi pengajuan. Apalagi saat ini ada KTA online yang mempermudah kamu untuk melakukan pengajuan pinjaman secara online. Persyaratannya mudah karena tak butuh agunan atau jaminan apapun.

  • Biaya yang Dikeluarkan

Saat mengajukan pinjaman, kamu biasanya harus mengeluarkan beberapa jenis biaya. Untuk KPR sendiri kamu harus membayar biaya DP atau uang muka. Besarnya uang muka ini akan dipengaruhi oleh tenor dan plafon pinjaman yang kamu dapatkan. Semakin besar uang mukanya maka akan semakin ringan biaya cicilan yang harus dibayarkan.

Kemudian untuk KTA online sendiri juga ada beberapa jenis biaya penting yang harus dibayarkan. Kamu memang tidak harus membayar uang muka pembelian rumah namun perlu membayar biaya provisi dan biaya asuransi. Namun besar dan jenis biaya ini sangat dipengaruhi oleh kebijakan bank yang mengeluarkan KTA tersebut.

  • Bentuk dan Lokasi Rumah

Hal lain yang membedakan KTA online dan KPR dalam pembelian hunian adalah tipe rumah yang bisa didapatkan. Untuk KPR sendiri biasanya berlaku pada jenis rumah cluster atau rumah yang dibangun oleh developer tertentu. Tidak sembarang rumah bisa dibeli dengan KPR. Selain itu cukup sulit untuk mendapatkan rumah sesuai desain sendiri karena biasanya mengikuti ketentuan dari pihak developer.

Lain halnya dengan KTA dimana kamu bisa memanfaatkan dana pinjaman untuk membeli hunian sesuai keinginan. Kamu juga bisa menggunakan dana KTA sebagai modal untuk membangun rumah impian. Intinya, kamu bebas menentukan rumah seperti apa yang ingin dibeli dan lokasinya dimana karena lebih fleksibel daripada KPR.

Selebihnya, dua jenis pinjaman ini memiliki konsep yang hampir mirip. Kamu tetap akan diberi beban bunga pinjaman sesuai kebijakan masing-masing bank dan besarnya bisa sangat berbeda. Selain itu kamu juga akan menerima tenor pinjaman yang lamanya bisa bervariasi. KTA mungkin akan memiliki tenor yang jauh lebih singkat dibandingkan KPR namun hal ini sangat dipengaruhi oleh kebijakan bank yang bersangkutan.

Kelebihan KTA dalam Proses Pembelian Rumah

Kembali lagi pada pilihan kamu masing-masing, apakah ingin membeli rumah dengan KTA online atau KPR saja. KPR memang selama ini selalu dijadikan andalan untuk membeli rumah impian terutama bagi kalangan milenial. Namun KTA kini juga semakin banyak dijadikan pilihan karena dianggap menguntungkan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan KTA dalam proses pembelian rumah:

  • Proses Pengajuan Cepat

Jika dibandingkan dengan sistem KPR, program pinjaman KTA ini memang jauh lebih mudah dari segi pengajuan. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan dana dalam waktu singkat karena prosedur pengajuannya terbilang praktis. Tak butuh waktu lama, bahkan kamu bisa mendapatkan pinjaman dalam hitungan detik dan menit.

Saat ini KTA semakin meningkat dari segi kualitas dan layanan. Bahkan sangat memungkinkan bagi kamu untuk mengajukan pinjaman secara online. Prosedur pengajuan KTA yang cepat ini tentu saja akan membantu kamu untuk mendapatkan hunian idaman tanpa perlu berlama-lama.

  • Syaratnya Lebih Mudah

KTA instan online memang menawarkan begitu banyak kemudahan. Salah satunya adalah syarat pengajuan yang sangat mudah untuk dipenuhi. Persyaratan pengajuan KTA cenderung sangat praktis. Bahkan untuk prosedur online-nya kamu tak perlu mengumpulkan dokumen dalam bentuk fisik. Jadi tidak perlu ribet membawa berlembar-lembar dokumen ke kantor bank.

Jika dibandingkan dengan KPR sesuai pembahasan sebelumnya, syarat yang dibutuhkan untuk mendapat KTA ini jauh lebih simple. Selain itu kamu juga tak perlu memberikan agunan atau jaminan dalam bentuk apapun. Tanpa memakai jaminan, tentu kamu akan merasa jauh lebih mudah untuk mendapatkan pinjaman tersebut.

  • Bisa Disesuaikan Kebutuhan

KTA jauh lebih fleksibel jika dibandingkan dengan KPR. Fleksibel dalam arti bisa digunakan untuk membeli tipe hunian sesuai kebutuhan dan keinginan pribadi. Telah dibahas sebelumnya bahwa KPR hanya dapat digunakan untuk membeli tipe hunian tertentu dan pilihan lokasinya juga cukup terbatas. Lain halnya dengan KTA yang bisa kamu pakai untuk membeli hunian sesuai keinginanmu.

Setelah mendapatkan dana dari KTA, kamu bisa segera membeli hunian yang kamu inginkan. Tentu saja harus ada perhitungan matang sebelum melakukan pengajuan dan pembelian rumah. Namun secara garis besar, pemilihan lokasi dan tipe rumah jauh lebih fleksibel jika kamu memanfaatkan program pinjaman KTA ini.

  • Cocok untuk Berbagai Kalangan

KTA online merupakan produk pinjaman yang terbilang fleksibel dan cocok untuk berbagai kalangan. Tidak semua orang bisa mengajukan KPR dan akan lebih direkomendasikan untuk mengajukan KTA. KTA jauh lebih praktis untuk diperoleh dan syaratnya juga tidak serumit KPR. Terutama untuk faktor jaminan atau agunan karena tidak semua orang memiliki aset yang bisa dijadikan jaminan.

Hal inilah yang kemudian membuat KTA terasa jauh lebih baik untuk dipakai membeli rumah. Milenial maupun generasi muda di bawahnya bisa dengan mudah mendapatkan hunian impian tanpa adanya jaminan apapun. Bahkan pinjaman ini juga sangat memungkinkan untuk kamu gunakan merenovasi rumah bekas yang kamu beli.

Dari penjelasan ini kamu mungkin bisa menyimpulkan bahwa KTA memang bisa jadi pilihan tepat untuk membeli rumah impian. Namun pilihan ini harus dikembalikan lagi pada kondisi finansial masing-masing. Kamu sebaiknya membuat perhitungan yang matang dan pilih mana jenis pinjaman yang menurutmu paling menguntungkan. Jika memang mantap untuk mengajukan KTA maka pilihlah bank yang terpercaya dan bisa diandalkan.

Gunakan digibank KTA untuk Membeli Rumah Impian

Pembelian rumah dengan menggunakan KTA online bisa jadi sebuah pilihan yang tepat. Jika kamu sudah merasa yakin maka pilihlah produk digibank KTA untuk membantu mewujudkan rumah impianmu. Berikut adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh digibank KTA:

  • Pendaftaran 24 Jam

Melalui digibank by DBS, kamu bisa mendapatkan produk pinjaman KTA dengan mudah karena proses pendaftarannya online. Kamu bisa melakukan pengajuan kapan saja lewat website go.dbs.com/kta atau lewat Aplikasi digibank by DBS di smartphone.

  • Approval-nya Sangat Singkat

Setelah menyelesaikan pengajuan yang prosesnya begitu mudah, kamu harus menunggu approval dari bank. Menariknya lagi proses approval sangat singkat hanya butuh waktu 60 detik.

  • Dana Pinjaman Cepat Cair

Produk KTA online dari digibank by DBS ini bisa dicairkan hingga Rp80 juta dengan mudah dan cepat. Proses pencairannya tak butuh waktu berlarut-larut dan kamu bisa langsung mengirimkan dana ke rekening digibank by DBS.

  • Mudah Tentukan Nominal Pinjaman

Kamu bisa dengan mudah menentukan nominal pinjaman saat mengajukan digibank KTA. Tentu saja nominal pinjaman ini bisa ditentukan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial dalam membayar pinjaman tersebut.

  • Tenor Cukup Panjang

KTA instan online persembahan digibank by DBS ini juga memiliki tenor atau waktu cicilan yang cukup panjang. Kamu bisa mendapatkan tenor pinjaman sampai 36 bulan yang artinya jauh lebih menguntungkan dan fleksibel.

  • Tidak Membutuhkan Dokumen Fisik

Proses pengajuan digibank KTA ini tidak membutuhkan dokumen fisik apapun. Kamu bisa melakukan pengajuan secara online dan tidak perlu mengumpulkan syarat dokumen hingga berlembar-lembar.

  • Syaratnya Tidak Ribet

Pengajuan KTA instan online dari digibank by DBS ini sangat simple. Syaratnya sederhana yaitu kamu harus memiliki e-KTP dan NPWP. Kemudian kamu juga harus tercatat berdomisili di area Jabodetabek, Bandung, Surabaya, atau Semarang.

Syarat penghasilan minimal agar bisa mendapat pinjaman ini adalah Rp5 juta serta harus punya kartu kredit di bank lain dengan limit minimal Rp10 juta.

DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Kehadiran digibank KTA ini menjadi salah satu bukti dari komitmen tersebut. Proses pengajuannya mudah dan kamu bisa menikmati beragam keuntungan di dalamnya.

Bagi kamu yang belum terdaftar sebagai nasabah, berikut ini adalah prosedur pengajuan digibank KTA yang perlu dilakukan:

  1. Masuk ke laman website dbs.com/kta dan klik “Apply di sini” lalu isikan formulir secara lengkap.
  2. Tunggu approval dari bank yang biasanya akan selesai dalam waktu 60 detik. Kamu tidak boleh keluar atau pindah layar jika approval belum selesai.
  3. Tentukan nilai pinjaman dan cicilan. Masukkan username dan password baru yang akan dipakai di akun digibank ini. Penting sekali untuk membuat password yang unik dan belum pernah dipakai di akun lain.
  4. Lengkapi data diri kemudian atur jadwal verifikasi biometrik dengan agen dari digibank.
  5. Uang pinjaman bisa segera dicairkan melalui akun rekening digibank by DBS.

Bagi kamu yang sudah terdaftar sebagai nasabah, berikut ini prosedur pengajuan yang bisa diikuti:

  1. Lakukan login di Aplikasi digibank by DBS kemudian pilih Personal Loan yang ada di menu utama.
  2. Lengkapi formulir data diri.
  3. Tunggu proses approval selesai, umumnya memakan waktu 60 detik.
  4. Pilih nilai limit dan tenor pinjaman.
  5. Dana bisa segera cair dan ditransfer ke rekening digibank by DBS hingga nominal Rp80 juta.

Melalui produk KTA online dari digibank by DBS ini kamu bisa melengkapi berbagai kebutuhan. Termasuk salah satunya untuk menambah kebutuhan dana pembelian rumah impian. Segera ajukan sekarang juga karena prosesnya begitu mudah dan tidak butuh persyaratan yang ribet.