Membahas Untung Rugi Investasi Obligasi

Membahas Untung Rugi Investasi Obligasi

Investasi obligasi merupakan salah satu pilihan investasi yang kini makin banyak digemari. Banyak yang beralih dari investasi konvensional seperti emas dan properti untuk mencoba peruntungan lewat investasi obligasi. Sebagai investasi yang memanfaatkan instrumen surat pernyataan utang menjanjikan berbagai keuntungan.

Instrumen investasi lewat obligasi sebenarnya sudah lama diterapkan. Namun, trend investasi obligasi menjadi semakin meningkat sejak pemerintah memperkenalkan dan mulai rajin mengeluarkan surat utang negara (government bonds) baik dalam bentuk konvensional seperti Obligasi Negara Ritel atau ORI dan obligasi syariah yang dikenal dengan SUKUK.

ORI dan SUKUK merupakan salah satu instrumen Surat Berharga Negara (SBN) yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia melalui mitra distribusi di Pasar Perdana. Dana yang terkumpul melalui penjualan ORI biasanya digunakan untuk pembiayaan proyek pembangunan atau proyek strategis pemerintah dan menutup defisit anggaran tahun berjalan.

Secara umum, obligasi menjadi pilihan investasi yang menarik karena terjangkau dan aman. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan bila memilih obligasi sebagai pilihan investasi

  1. Tabungan jangka panjang

    Obligasi cocok dijadikan pilihan investasi untuk perencanaan keuangan jangka menengah dan jangka panjang. Jatuh tempo pengembalian modal dari pembelian surat berharga biasanya cukup panjang di kisaran 5 tahun hingga 50 tahun. Karena itu, buat kamu yang berencana menyiapkan dana untuk jangka waktu cukup lama, berinvestasi obligasi akan memberi kepastian ditambah dengan pengembangan dana dari imbal hasil yang didapatkan.

  2. Memperoleh pendapatan tetap

    Saat memilih investasi obligasi, sebagai investor kamu akan mendapatkan kupon (bunga). BIla yang dipilih adalah obligasi pemerintah maka kupon akan didapatkan secara berkala baik setiap bulan, tiga bulan, atau enam bulan sekali.

    Ada dua jenis kupon atau bunga yang biasanya diberikan saat penawaran surat utang diumumkan yaitu kupon fixed (tetap) dan kupon floating (mengambang/tidak tetap).  Kupon flat merujuk pada bunga yang besarannya tetap dan diberikan secara berkala. Sedangkan kupon floating merupakan bunga yang besarannya berubah menyesuaikan kebijakan dan pasar.

    Dengan adanya pembagian kupon secara berkala ini maka kamu akan mendapatkan pendapatan tetap sesuai periode yang disediakan. Besarnya tergantung pada besaran bunga yang kamu pilih saat pembelian obligasi.

  3. Keuntungan lebih besar

    Dibanding deposito, investasi obligasi lebih menjanjikan karena keuntungan yang diperoleh saat jatuh tempo lebih besar. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan capital gain saat menjual obligasi kepada investor umum. Capital gain merupakan keuntungan yang bisa didapatkan dari selisih harga jual dikurangi dengan harga beli suatu obligasi.

  4. Aman dan terjamin

    Berinvestasi lewat obligasi relatif aman karena obligasi biasanya diterbitkan lembaga terpercaya. Apalagi, bila kamu memilih berinvestasi lewat obligasi negara. Jaminan pengembalian dana hasil investasi obligasi lewat government bond tertuang dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2002 Tentang Surat Utang Negara dan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2008 Tentang Surat Berharga Syariah Negara.

  5. Bisa dijadikan agunan

    Bila kamu tiba-tiba membutuhkan dana segar untuk suatu keperluan, kamu bisa saja menggunakan obligasi sebagai agunan untuk mendapatkan pinjaman ke bank. Obligasi juga bisa kamu gunakan untuk jaminan saat akan membeli saham ke bursa efek (stock exchange).  Dengan begitu kamu bisa mendapatkan keuntungan berganda.

  6. Terjangkau

    Investasi obligasi kini tak lagi hanya menyasar investor besar tetapi juga menyasar masyarakat umum. Selain pasar perdana yang menyediakan produk ritel dengan nilai investasi besar, kamu sudah juga bisa membeli obligasi melalui pasar sekunder yang menawarkan produk non ritel dengan minimal investasi sangat terjangkau  mulai dari Rp 1 juta.

    Di pasar sekunder harga obligasi non ritel ini ditawarkan bervariasi, tergantung market yang dipilih. Jual beli dapat dilakukan kapan saja selama belum jatuh tempo. Kelebihan obligasi pasar sekunder adalah adanya kemungkinan kenaikan harga obligasi (capital gain), serta pendapatan pasti dari kupon sesuai imbal hasil yang ditawarkan.

    Beberapa produk obligasi yang tersedia di pasar sekunder adalah seri FR dan INDON. FR merupakan seri obligasi Negara dengan mata uang IDR Konvensional seperti FR 64, FR 72, dan FR 79. Sedangkan INDON merupakan seri Obligasi Negara dengan mata uang USD seperti seri INDON 43, INDON 47N, dan INDON 50N.

Selain menjanjikan berbagai keuntungan, obligasi juga buka investasi yang 100 persen aman, Kamu masih mungkin mewaspadai risiko berinvestasi seperti berikut:

  1. Risiko gagal bayar

    Meski relatif aman, tetap ada risiko yang menyertai investasi obligasi. Risiko gagal bayar bisa saja terjadi apabila pihak peminjam dana tidak bisa membayar bunga. Bahkan tidak tertutup kemungkinan pokok utang tidak dikembalikan tepat waktu.

  2. Dipengaruhi lingkungan

    Investasi obligasi terutama untuk surat utang dengan bunga floating bisa saa sangat dipengaruhi oleh perkembangan situasi yang terjadi seperti kondisi ekonomi atau politik suatu negara. Apabila suasana sedang tidak baik maka bisa jadi pendapatan bunga yang didapat menjadi kecil atau bahkan nol.

Setelah mengetahui untung rugi investasi obligasi seperti yang sudah dijelaskan kamu tentu menjadi semakin yakin untuk mulai berinvestasi obligasi. Apalagi, sekarang investasi obligasi bisa dilakukan dengan mudah lewat Aplikasi digibank by dbs.

Dengan memanfaatkan fitur obligasi pasar sekunder di digibank by DBS, kamu akan hemat waktu karena semua proses dilakukan full melalui online, mulai dari pembuatan SID, pemesanan, pembayaran dan penjualan kembali. Seri obligasi yang tersedia juga terbilang lengkap dengan margin yang kompetitif.

Buat kamu yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS, inilah waktu yang tepat untuk mengambil langkah cermat. Hanya dengan mengunduh Aplikasi digibank by DBS kamu bisa merasakan berbagai kemudahan dalam berinvestasi obligasi.

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /