jendela rumah
25 Jul 2022

Elegan dan Mewah, Ini 6 Inspirasi Jendela Rumah Klasik!

Rumah dengan konsep klasik memang sangat identik dengan kesan mewah dan elegan. Untuk memperkuat kesan klasik tersebut maka berbagai aspek harus disesuaikan termasuk bagian jendelanya. Kamu bisa melakukan pengajuan KTA online untuk memenuhi kebutuhan biaya membuat jendela klasik agar rumahmu terlihat semakin elegan.

Model jendela rumah klasik ini biasanya memiliki detail yang cukup rumit. Namun di sisi lain juga bisa dibuat sederhana tanpa menghilangkan kesan elegan. Material yang digunakan juga sangat berpengaruh pada visual jendela yang akan dipasang. Bentuknya pun beragam, ada yang oval, persegi panjang, persegi, dan masih banyak lagi.

Mengapa Perlu Pengajuan KTA Online?

Pembangunan rumah memang seringkali membutuhkan biaya yang besar. Apalagi jika kamu ingin membangun rumah dengan konsep klasik elegan. Tentu akan dibutuhkan detail yang jauh lebih banyak dan memakan biaya yang lebih besar pula.

Khususnya untuk bagian jendela yang biasanya didesain besar dan memiliki detail rumit. Untuk desain klasik asli juga biasanya membutuhkan ukiran-ukiran yang cantik di setiap sisi jendela. Hal ini membutuhkan biaya yang terbilang besar dan sebaiknya dipersiapkan dengan baik agar jendela rumah klasik tersebut benar-benar bagus.

Dana pinjaman tanpa agunan bisa jadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan ini. Apalagi sekarang pinjaman semacam ini sangat mudah untuk didapatkan dan tidak butuh waktu pemrosesan yang lama. Jadi sangat cocok dijadikan solusi untuk memenuhi kebutuhan pembuatan dan pemasangan jendela rumah klasik yang kamu inginkan.

6 Inspirasi Jendela Rumah Klasik

Banyak sekali konsep rumah klasik yang saat ini bisa kita temui. Tipe rumah seperti ini memang banyak disukai karena elegan dan timeless. Berikut akan dibahas 6 inspirasi bentuk dan desain jendela rumah klasik yang bisa kamu jadikan pilihan:

  • Jendela Klasik dengan Kanopi

Inspirasi pertama adalah bentuk jendela klasik yang dilengkapi kanopi. Jendela semacam ini sering dijumpai pada rumah-rumah klasik zaman dulu. Namun masih relevan juga untuk diterapkan pada rumah-rumah klasik yang menggunakan sentuhan modern. Tinggal disesuaikan saja bentuk kanopinya agar bisa masuk dengan konsep rumah secara keseluruhan.

Kanopi ini bukan hanya sekadar pemanis namun punya fungsi khusus. Kanopi yang dipasang di atas jendela akan membantu mencegah tampias air saat hujan. Ini akan memberikan kenyamanan ekstra pada pemilik rumah terutama saat hujan deras disertai angin.

  • Desain Klasik dengan Relief

Model jendela klasik satu ini juga banyak dijumpai, terutama di bangunan-bangunan besar dan megah. Relief atau ukiran pada jendela akan memberi kesan klasik yang jauh lebih kuat. Selain itu relief ini juga bisa menambah kesan mewah yang ingin kamu tunjukkan. Cocok sekali untuk tipe rumah klasik orisinal yang tidak mencampurkan unsur modern di dalamnya.

Desain ukiran yang dipakai bisa bervariasi tergantung selera sekaligus konsep rumah secara keseluruhan. Semakin rumit ukiran yang ditampilkan maka akan semakin sulit juga pengerjaannya. Biasanya desain seperti ini juga akan memakan biaya yang lebih besar. Namun hasilnya pun akan jauh lebih memuaskan karena terlihat rumit dan bernilai seni tinggi.

  • Jendela Oval Klasik Modern

Bentuk jendela persegi atau persegi panjang seringkali terasa membosankan. Solusinya bisa dibuat bentuk jendela lain yang lebih fresh seperti oval. Jendela oval biasanya akan memberi kesan indah dan cantik tanpa mengesampingkan sisi klasik yang ingin ditonjolkan. Umumnya bentuk jendela seperti ini diterapkan pada rumah-rumah dengan gaya klasik modern.

Jendela oval mungkin terlihat sederhana, namun akan jauh lebih indah jika kerangka jendelanya dibuat lebih estetik. Biasanya pembuatan jendela semacam ini akan fokus pada bentuk rangkanya yang bervariasi. Cocok untuk rumah klasik yang tidak ingin terlalu ribet.

  • Jendela Klasik dan Balkon

Rumah klasik sebenarnya sangat identik dengan kastil atau istana para raja. Coba saja cari inspirasi bentuk jendela klasik dari film-film kerajaan. Di sana kamu akan menemukan bentuk jendela klasik yang disertai balkon. Ini bisa jadi ide desain jendela yang sangat pas untuk rumah klasik dan mewah. Bentuk balkonnya bisa disesuaikan dengan konsep klasik sehingga terlihat semakin indah.

Penggunaan balkon ini bisa jadi pilihan yang tepat karena dapat menambah aksen rumah lebih bagus lagi. Nantinya di balkon ini bisa ditempatkan beberapa ukiran atau tanaman. Ini akan menambah nilai estetika dan membuat rumahmu terlihat semakin megah. Sesuaikan ukuran balkon dengan jendela agar terlihat lebih harmonis.

  • Jendela Klasik dengan Nook

Selain balkon, jendela klasik juga bisa dilengkapi dengan nook. Jika balkon merupakan ruang di bagian luar jendela maka nook adalah ruang atau sudut khusus di dalam jendela. Biasanya konsep jendela seperti ini banyak diterapkan pada rumah-rumah klasik di Eropa. Selain memberikan keindahan tersendiri dari luar rumah, desain nook ini juga akan memberikan ruang yang nyaman di bagian dalam.

Umumnya sudut di bagian dalam jendela akan dibuat nyaman dan dibentuk menyerupai sofa. Sudut ini bisa dimanfaatkan untuk bersantai. Bisa juga dimanfaatkan untuk meletakkan tanaman-tanaman indoor. Sementara itu desain bagian luar jendelanya bisa dibuat simple saja dengan bentuk rangka yang tidak terlalu rumit.

  • Jendela Bergaya Transom

Berikutnya ada ide jendela bergaya transom yang juga banyak diterapkan pada rumah-rumah modern klasik di Eropa. Namun seiring waktu berjalan, tipe jendela semacam ini banyak juga digunakan pada rumah-rumah modern minimalis. Mungkin karena desainnya memang tidak terlalu ribet tapi tetap terlihat manis dan ada sisi mewahnya.

Jendela bergaya transom ini memiliki bentuk kotak dengan setengah lingkaran di bagian atasnya. Selain itu jendelanya memiliki rangka kotak-kotak kecil. Umumnya jendela semacam ini berukuran cukup besar sehingga memberikan pencahayaan yang optimal ke dalam ruang.

Posisi Terbaik Penempatan Jendela

Selain merencanakan bentuk atau desain jendela, kamu juga perlu memperhatikan posisi jendela. Penempatan jendela ini tidak boleh dilakukan sembarangan karena ada pengaruhnya dengan fengshui. Jika ingin rumah yang nyaman dan membawa keberuntungan, pastikan kamu memilih posisi jendela yang tepat. Berikut adalah 3 pilihan peletakkan jendela yang bagus menurut fengshui:

  • Tempatkan Jendela Menghadap Pemandangan Indah

Coba perhatikan lokasi rumahmu. Bagian mana kira-kira yang memiliki pemandangan atau visual paling indah? Kamu bisa meletakkan jendela di bagian tersebut. Artinya, jendela tersebut akan mengarahkan kamu pada pemandangan luar yang indah. Ini penting karena akan meningkatkan mood dan membuat kamu selalu bersemangat setiap hari ketika melihat ke arah jendela.

Menurut fengshui, jendela yang menghadap ke pemandangan indah juga akan menjadi jalan keberuntungan. Jendela ini akan membuka jalan masuk banyak keberuntungan ke dalam rumah. Diharapkan kamu selalu beruntung dan mendapatkan hal-hal yang baik.

Jika tidak ada posisi dengan pemandangan yang indah, cobalah untuk memilih menempatkan jendela menghadap selatan. Posisi ini juga paling bagus terutama untuk rumah-rumah di negara tropis seperti Indonesia. Jendela yang menghadap selatan akan mengurangi paparan sinar matahari yang masuk rumah. Selain itu posisi jendela ini akan membantu memungkinkan masuknya angin yang bertiup dari timur atau barat laut.

  • Pilih Sisi Dinding yang Tepat

Jangan meletakkan jendela di semua sisi dinding rumahmu. Ini akan membuat rumahmu punya terlalu banyak jendela. Jumlah jendela yang terlalu banyak ternyata tidak bagus menurut fengshui. Ini bisa menjadi simbol banyaknya lubang yang akan membuat energi positif dan rezekimu tidak bisa tersimpan di rumah tapi mengalir keluar lewat jendela.

Lebih baik, pilih dua bagian dinding saja untuk meletakkan jendela. Ini jauh lebih bagus dan aman menurut fengshui. Kamu bisa lebih fokus memperbagus bentuk jendela sehingga terlihat jauh lebih mewah tanpa perlu menambah jumlahnya. Tak masalah jika ukuran jendelanya besar, asalkan tidak terlalu banyak menempel di setiap sisi dinding rumah.

Saat memilih sisi dinding yang akan ditempati jendela, sebaiknya perhatikan faktor cahaya juga. Lihat kemana jendela menghadap dan pastikan pencahayaannya memadai. Sisi dinding lain yang tidak dipasangi jendela bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan dekorasi lain, misalnya untuk menempatkan frame foto atau kebutuhan lainnya.

  • Jangan Meletakkan Jendela Menghadap Pintu Utama

Sangat disarankan untuk tidak meletakkan jendela berhadapan dengan pintu utama rumah. Ini merupakan prinsip penting dalam fengshui karena dua lubang yang berhadapan seperti ini bisa menyebabkan hilangnya rezeki dan energi positif. Energi positif yang masuk lewat pintu bisa langsung keluar melalui jendela karena posisinya berhadapan.

Sebaiknya posisikan jendela tidak langsung berhadapan dengan pintu utama. Kamu bisa memilih spot-spot lain yang potensial asalkan tidak langsung berhadapan. Jika memang posisi tidak memungkinkan, maka kamu bisa menambah sekat di antara jendela dan pintu utama tersebut. Ini dilakukan agar posisi keduanya tetap tidak saling berhadapan.

Gunakan digibank KTA untuk Instalasi Jendela Rumah Klasik

Biaya pemasangan jendela rumah klasik memang umumnya akan memakan biaya yang mahal. Tak masalah, kamu bisa mengandalkan digibank KTA sebagai produk pinjaman dengan banyak kelebihan. Berikut adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan:

  • Bisa Online 24 Jam

Kamu bisa melakukan pengajuan KTA online dari digibank by DBS ini selama 24 jam penuh lewat website go.dbs.com/kta atau via Aplikasi digibank by DBS.

  • Approval Cepat

Persetujuan pinjaman sangat cepat, hanya butuh waktu 60 detik.

  • Dana Cepat Cair

Pinjaman bisa dicairkan secepatnya langsung ke rekening hingga Rp80 juta.

  • Jumlah Pinjaman Bisa Diatur

Pengaturan pinjaman lebih mudah dan fleksibel sesuai kebutuhan.

  • Cicilan Sampai 36 Bulan

Kamu dapat menikmati tenor cicilan sampai 36 bulan.

  • Tidak Perlu Dokumen Fisik

Pengajuan tidak membutuhkan dokumen fisik apapun sehingga terasa sangat mudah.

  • Syaratnya Mudah

Kamu juga tidak butuh syarat yang rumit. Pastikan kamu tinggal di wilayah Surabaya, Bandung, Semarang, atau Jabodetabek. Kamu juga harus punya e-KTP dan NPWP serta berpenghasilan minimal Rp5 juta dan punya kartu kredit bank lain dengan limit minimal Rp10 juta.

DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Oleh sebab itu jangan ragu untuk mengajukan pinjaman ini karena prosesnya sangat mudah. Langsung saja klik link berikut untuk melakukan pengajuan:

https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/digibank-kta-instan

Pengajuan KTA online ini akan sangat membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan pemasangan jendela rumah klasik. Proses pengajuannya mudah dan tak butuh waktu lama. Rumah klasik impianmu pun bisa segera terwujud sesuai harapan.

Transaksi

Tentang Kami

Hubungi - 0804 1500 327 atau 
+6221 29852888 (dari luar negeri)
Business hour pukul 09.00 WIB - 17.00 WIB

Prosedur Pengaduan Nasabah

Download Now

Countries and regions

PT Bank DBS Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)