renovasi rumah
30 Aug 2022

Berencana Merenovasi Rumah? Perhatikan 7 Elemen Interior Ini

Apakah tampilan rumahmu sudah mulai lusuh? Sepertinya harus segera direnovasi agar terlihat lebih nyaman dan enak dipandang. Jangan merisaukan masalah biaya renovasi yang mahal karena  ada pinjaman KTA yang bisa membantumu.

Dengan mengajukan pinjaman tanpa agunan kamu bisa segera merenovasi rumah tanpa perlu menunggu tabungan terkumpul. Ide yang menarik bukan? Namun, sebelum mengajukan pinjaman sebaiknya pahami dulu beberapa elemen penting dalam merenovasi interior rumah.

7 Elemen Penting sebelum Renovasi Rumah dengan Pinjaman KTA

Memiliki rumah dengan interior yang mewah dan menawan memang suatu hal yang membanggakan. Tidak heran jika banyak orang berlomba-lomba mempercantik huniannya dengan menerapkan komponen interior yang unik.

Supaya tampilan rumahmu terlihat berbeda dari sebelumnya sebaiknya pahami dulu beberapa elemen interior yang harus diubah terlebih dahulu. Jika, kamu melakukan renovasi secara asal-asalan dan hanya mengikuti apa kata kontraktor maka hasilnya akan kurang memuaskan.

Agar tampilan interior rumahmu terlihat lebih menawan dari sebelumnya sebaiknya simak beberapa pembahasan berikut.

  1. Elemen Dinding
    Pertama kamu harus memilih konsep dinding yang berbeda dari sebelumnya. Ada beberapa desain dinding yang bisa kamu coba untuk mengubah suasana interior rumah di antaranya adalah:
    • Masif atau dinding solid
    • Berongga atau dinding void
    • Dinding bertekstur
    • Transparan (dinding yang terbuat dari kaca)
    • Membuat dinding dengan variasi ukuran tinggi-rendah untuk tampilan yang unik

      Pemilihan desain dan konsep dinding harus dipikirkan dengan cermat karena akan menjadi dasar penting untuk menentukan desain pada elemen selanjutnya.
  2. Elemen Langit-langit
    Langit-langit juga menjadi elemen penting yang harus diperhatikan ketika melakukan renovasi. Langit-langit bisa digunakan untuk memperjelas konsep interior yang akan kamu terapkan.
    Dengan memilih desain langit-langit yang sesuai dengan konsep interior maka akan tercipta suasana ruangan yang harmonis dan menyatu. Jika, kamu mengusung desain interior bertema vintage, victoria, atau gotic untuk menampilkan kesan mewah.
    Maka model langit-langit berbahan gypsum bisa menjadi pilihan yang tepat karena mampu memperkuat nuansa megah dan mewah pada interior. Jika, kamu ingin mengusung desain interior bertema minimalis dan modern maka plafon berbentuk datar tanpa banyak ornamen bisa menjadi pilihan yang tepat.
  3. Elemen Lantai
    Lantai juga menjadi salah satu elemen penting yang tidak boleh dilewatkan ketika merenovasi rumah. Rasanya akan kurang maksimal jika kamu tidak mengganti bagian lantai rumah.
    Jika, kamu termasuk orang yang suka berbaring di lantai yang sejuk mungkin lantai keramik akan menjadi pilihan yang paling pas. Tapi, jika kamu ingin menampilkan kesan mewah dan elegan pada ruangan maka coba gunakan lantai marmer.
    Lantai parket atau lantai kayu juga bisa memberikan kesan mewah dan elegan namun proses pemasangan agak rumit sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama.
  4. Elemen Warna
    Kamu juga harus memperhatikan elemen warna pada sekeliling interior. Pemilihan warna akan berpengaruh terhadap kesan yang dihasilkan jika kamu salah memadukan warna maka hasil renovasi akan kurang maksimal.
    Coba gunakan warna-warna yang berbeda dari sebelumnya, menggunakan warna-warna cerah yang soft bisa menjadi salah satu pilihan yang aman untuk segala jenis interior. Namun, jika kamu benar-benar ingin menciptakan nuansa baru coba gunakan warna-warna mencolok yang lebih berani seperti merah, oranye, kuning cerah, hijau, dan warna cerah lainnya.
  5. Elemen Furnitur dan Perabotan
    Furnitur dan perabotan juga perlu diganti supaya senada dengan konsep interior yang kamu pilih. Kamu bisa menggunakan pinjaman KTA untuk membeli furnitur dan perabot baru jadi jangan terlalu mempermasalahkannya.
    Pilihlah model furnitur dan perabotan berdasarkan konsep interior yang akan kamu usung, misalnya kamu menggunakan konsep interior victoria maka kamu perlu membeli sofa dengan ukir-ukiran yang mewah. Sementara untuk konsep interior minimalis kamu perlu membeli furnitur yang terlihat simpel dan compact.
  6. Elemen Estetik
    Fungsi elemen estetis adalah sebagai aksesoris untuk menambahkan keindahan interior rumah. Untuk mendapatkan tampilan yang berbeda sebaiknya gunakan elemen estetik baru yang sesuai dengan konsep desain interior yang kamu pilih.
    Beberapa contoh elemen estetik pada interior di antaranya adalah:
    • Dekorasi dinding
    • Meja sudut
    • Ambalan (rak gantung)
    • Tanaman hias
    • Dan lainnya

  7. Elemen Pencahayaan
    Agar ruangan tidak gelap dan pengap kamu perlu mempertimbangkan ukuran jendela yang pas. Elemen pencahayaan terdiri dari pencahayaan alami dan buatan. Untuk mendapatkan pencahayaan alami yang maksimal kamu bisa membuat jendela kaca berukuran besar.
    Sementara untuk mendapatkan pencahayaan buatan kamu perlu memilih jenis lampu yang cocok dengan konsep interior rumahmu. Konsep interior bergaya klasik seperti vintage, victoria, dan gotic biasanya cenderung menggunakan pencahayaan lampu.
    Apalagi lampu yang memberikan kesan hangat, yakni berwarna warm. Sementara untuk konsep interior minimalis dan modern cenderung menggunakan pencahayaan yang terang dan dingin, yakni lampu LED berwarna putih.

Tips Menentukan Desain dan Jasa Interior Rumah yang Tepat

Memilih konsep desain interior harus disesuaikan dengan selera dan dana yang kamu miliki. Jika, tidak renovasi tidak akan berjalan dengan baik jika dua hal tersebut tidak saling dihubungkan.

Supaya kamu bisa memilih jasa desain interior yang tepat, sebaiknya simak beberapa tips berikut ini.

  1. Kenali Beberapa Desain Interior
    Pertama kamu harus mengenal beberapa desain interior rumah terlebih dahulu supaya memiliki gambaran yang jelas. Dengan mengenal beberapa desain interior kamu bisa memilih salah satu desain yang paling sesuai dengan style yang kamu inginkan.
    Untuk mempelajari beberapa konsep desain interior kamu bisa mencari informasinya secara mandiri di internet. Dengan memahami beberapa konsep desain interior kamu bisa berkonsultasi dengan lancar saat bertemu dengan jasa desain interior atau kontraktor yang akan menangani renovasi rumahmu.
  2. Tentukan Konsep Desain Interior Sesuai Anggaran
    Meskipun bisa menggunakan pinjaman bunga rendah bukan berarti kamu bisa memilih konsep interior sesuka hati. Jadi, kamu harus tetap mempertimbangkannya berdasarkan jumlah pinjaman yang diajukan.
    Tanpa pertimbangan yang matang proses renovasi bisa berhenti di tengah jalan. Tidak mau kan hal tersebut terjadi? Maka sebaiknya pilihlah konsep desain interior yang sesuai dengan anggaran yang direncanakan.
    Misalnya anggaran yang kamu rencanakan adalah Rp80 juta maka konsep desain interior mewah yang paling sesuai adalah interior bergaya minimalis modern, skandinavia, bohemian, dan beberapa desain lainnya.
    Contoh konsep desain interior mewah yang tidak disarankan untuk anggaran senilai Rp80 juta adalah interior bergaya victoria. Karena konsep interior tersebut menggunakan komponen-komponen serba mewah sehingga membutuhkan anggaran yang lebih besar dari jumlah tersebut.
  3. Pilihlah Jasa Desain Interior Berpengalaman dan Bereputasi Baik
    Setelah menentukan konsep desain interior yang sesuai dengan anggaran, selanjutnya kamu harus mencari jasa desain interior yang terpercaya. Pastikan penyedia jasa desain interior yang kamu pilih sudah berpengalaman dan memiliki reputasi yang baik di mata para pelanggannya.
    Jasa desain interior yang memiliki reputasi yang baik umumnya memiliki jam terbang yang lama. Semakin lama akan semakin baik karena itu artinya dia dipercaya banyak orang sehingga bisa bertahan hingga saat ini.
  4. Memiliki Sistem yang Jelas
    Selain memastikan jam terbangnya kamu juga perlu mengetahui bagaimana sistem kerja yang diterapkan. Jasa desain interior yang berupa badan hukum (perusahaan) biasanya lebih profesional dalam urusan sistem kerjanya.
    Namun, baik itu berupa perubahan maupun perseorangan pastikan ada kontrak kerja yang jelas. Dengan begitu kamu memiliki alat bukti yang kuat seandainya terjadi masalah di kemudian hari yang berkaitan dengan hukum.
    Jadi, ketika ada suatu hal yang ganjil dan tidak sesuai dengan kesepakatan yang ada di dalam kontrak kerja kamu bisa langsung menuntut mereka. Lain halnya jika tidak ada sistem dan kontrak kerja yang jelas maka kamu akan kesulitan menuntut pertanggungjawaban mereka di meja hukum.
  5. Periksa Portofolio yang Diberikan
    Setiap penyedia jasa desain interior pasti memiliki portofolio untuk meyakinkan calon kliennya. Untuk jasa desain interior berupa badan hukum biasanya mereka melampirkan portofolio di website perusahaannya.
    Namun, untuk jasa desain interior perorangan biasanya bisa kamu temukan di akun media sosial atau bisa kamu minta secara langsung. Jasa desain interior yang sudah profesional biasanya memiliki portofolio bangunan-bangunan komersial, seperti hotel, gedung perkantoran, dan sejenisnya.
  6. Libatkan Dirimu dalam Perencanaan
    Setelah menemukan jasa desain interior yang tepat sebaiknya kamu tidak melimpahkan semua proses perencanaan kepada mereka. Libatkan dirimu di setiap proses perencanaan dalam menentukan setiap komponen interior.
    Tidak hanya itu, kamu juga harus ikut serta dalam eksekusi ide-ide yang telah direncanakan tersebut. Mengapa harus begitu? Supaya hasilnya sesuai dengan ekspektasi yang kamu harapkan.

Renovasi Interior Rumah Jadi Lebih Mudah Pakai Pinjaman KTA

Kamu juga bisa mengubah suasana interior rumah meskipun belum memiliki cukup uang karena ada KTA yang bisa membantumu mengatasi permasalahan tersebut. DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik.

Salah satu produk digibank by DBS adalah digibank KTA. Ada berbagai kelebihan yang akan kamu dapatkan saat menggunakan produk pinjaman tanpa agunan satu ini. 

digibank KTA menawarkan pelayanan selama 24 jam penuh jadi kamu bisa mengajukan pinjaman KTA kapan saja dan dimana saja karena bisa dilakukan dengan mudah di Aplikasi digibank by DBS atau melakukan alamat URL berikut go.dbs.com/kta.

Apa proses persetujuannya lama? Tentu saja tidak, kamu akan mendapatkan notifikasi persetujuan pinjaman hanya dalam 60 detik. Jika, pengajuan pinjamanmu disetujui maka uang pinjaman tersebut akan langsung ditransfer ke rekening digibank-mu hingga senilai Rp80 juta.

Kamu bisa membayar cicilan hingga 36 bulan. Selama proses pengajuan hingga pencairan pinjaman kamu tidak perlu memberikan dokumen fisik. Sangat menarik bukan? Ditambah lagi kamu bisa mendapatkan pinjaman bunga rendah dengan syarat yang mudah.

Salah satunya kamu harus berada di wilayah cakupan digibank KTA, yakni di area   Jabodetabek, Bandung, Surabaya, atau Semarang. Selain itu, kamu harus memiliki e-KTP, NPWP dan berpenghasilan minimal Rp5 juta setiap bulannya.

Bagaimana kamu tertarik mengajukan pinjaman tanpa agunan di digibank by DBS? Untuk informasi selengkapnya mengenai cara dan langkah-langkah pengajuan kamu bisa melihatnya di sini:

https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/digibank-kta-instan

Tunggu apalagi segera ajukan pinjaman KTA dan dapatkan dana renovasi rumah hingga senilai Rp80 juta dengan proses yang cepat dan anti ribet. Segera wujudkan interior rumah impianmu dengan memanfaatkan pinjaman dari digibank KTA.