Mau Investasi di Obligasi? Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui!

Mau Investasi di Obligasi? Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Tahukah kamu bahwa salah satu investasi terbaik saat ini adalah obligasi?

Obligasi atau surat utang pemerintah dikatakan sebagai salah satu investasi terbaik dikarenakan menjanjikan bunga yang lebih tinggi (berupa kupon/imbalan) dibanding tabungan dan deposito. Apalagi, investasi ini dijamin langsung Pemerintah Republik Indonesia. Jadi, tidak ada risiko yang perlu kamu khawatirkan dari investasi obligasi! 

Menarik bukan? Kalau dulu proses pembeliannya masih ribet, sekarang cara investasi obligasi sangatlah mudah dan praktis melalui Aplikasi digibank by DBS. Dari kenyamanan rumah, kamu bisa mendaftar, mengecek transaksi, melakukan pembelian hanya melalui handphone. Untungnya lagi, kamu juga bisa langsung menikmati imbalan obligasi setiap bulan, tanpa perlu menunggu jatuh tempo!

Tertarik untuk memiliki obligasi? Yuk simak di sini 5 hal penting yang perlu kamu ketahui sebagai investor pemula!

1. Apa itu obligasi?

Obligasi Pemerintah Ritelatau biasa disebut dengan Surat Berharga Negara (SBN) adalah surat utang Pemerintah Indonesia yang dijual kepada Warga Negara Indonesia melalui agen penjual yang telah ditunjuk. Dengan membeli obligasi, berarti kamu meminjamkan uang kepada pemerintah untuk periode waktu tertentu. Kamu akan mendapatkan kupon/imbalan setiap bulan, lalu kamu bisa mencairkan semua investasimu di akhir masa jatuh tempo.

Obligasi tidak diperjualbelikan setiap saat. Pemerintah akan mengeluarkan masa penawaran terbatas untuk masing-masing obligasi, sehingga kamu hanya bisa melakukan pembelian dalam masa tersebut.

2. Apa saja jenis obligasi?

SBN dibagi menjadi dua kelompok produk, yaitu: Surat Utang Negara (SUN) dan Surat Berharga Sukuk Negara (SBSN). Kedua kelompok ini sebenarnya sama, namun SBSN diterbitkan berdasarkan prinsip Syariah.

Contoh Surat Utang Negara adalahSavings Bonds Retail(SBR) dan Obligasi Negara Ritel (ORI). Sementara contoh Surat Berharga Sukuk Negara adalah Sukuk Tabungan (ST) dan Sukuk Ritel (SR). Biasanya, penjualaninvestasi obligasisudah mencantumkan kode yang sesuai, misalnya SR012 berarti Sukuk Negara Ritel Seri 012

3. Mengapa obligasi adalah investasi terbaik?
  • Investasi aman dengan keuntungan maksimal. Setiap investasi pasti memiliki risiko sendiri. Namun, dengan membeli obligasi negara, kamu akan mendapatkan jaminan langsung dari Pemerintah RI, jadi investasimu pasti aman. Imbalan yang kamu terima pun lebih tinggi dari bunga deposito maupun tabungan biasa.

    Sebagai perbandingan, deposito berjangka di digibank by DBS mendapatkan bunga hingga 5,75% per tahun. Sementara, kamu bisa memiliki SBN Ritel Online mulai Rp1 juta! Plus, dapat Kupon/Imbalan dengan persentase tetap sesuai ketentuan masing-masing produk. Akan lebih baik jika kamu bisa mendiversifikasi portofolio investasimu ke beberapa instrumen investasi agar mendapatkan keuntungan maksimal.
  • Pembayaran kupon/imbalan setiap bulan. Salah satu alasan penting yang menjadikan obligasi sebagai investasi terbaik adalah kamu bisa menikmati kupon/imbalan langsungnya setiap bulan. Tentunya cashflow kamu akan tetap terjaga dan kamu bisa meraup untung langsung tanpa menunggu lama.
  • Sesuai dengan prinsip syariah. Obligasi adalah investasi terbaik untuk kamu yang ingin menjalankan prinsip syariah. Produk SBSN dijamin tidak ada riba (bunga), gharar (spekulasi), dan maysir (judi), sehingga kamu bisa berinvestasi dengan tenang sesuai kepercayaan agama.
  • Kebanggaan membantu Indonesia. Dengan membeli obligasi, kamu berarti ikut serta membangun kemajuan Indonesia. Ini tentu hal yang spesial daripada berinvestasi di perusahaan asing atau negara lain, bukan?
4. Mengapa membeli obligasi lewat Aplikasi digibank by DBS?

Digibank by DBS telah ditunjuk untuk menjadi Mitra Distribusi dari berbagai obligasi yang ditawarkan oleh pemerintah. DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Oleh karena itu, Aplikasi digibank by DBS pun telah dilengkapi dengan layanan e-SBN Ritel Online untuk mempermudah cara investasi obligasi.

Dengan layanan ini, kamu bisa memesan, membayar, membuat single identification number (SID) yang dibutuhkan untuk mulai investasi, mengecek profil risiko, dan menjual surat berharga yang kamu miliki langsung dari aplikasi. Mudah, praktis, dan canggih!

5. Bagaimana cara membeli obligasi lewat Aplikasi digibank by DBS?

Sebagai investor pemula, kamu wajib untuk memiliki SID. Berikut cara mendapatkannya lewat Aplikasi digibank by DBS:

  1. Klik ikon Obligasi di halaman utama
  2. Mulai Registrasi SID, klik “Yuk, lanjut”
  3. Lengkapi data diri
  4. Baca syarat dan ketentuan, kemudian pilih “Setuju”
  5. Tunggu email konfirmasi nomor SID dalam waktu 2x24 jam

Nah, setelah SID-mu aktif, maka kamu bisa mulai bergerak sebagai investor. Simak di sini cara investasi obligasi melalui Aplikasi digibank by DBS:

  1. Klik ikon Obligasi di halaman utama, lalu pilih obligasi yang kamu inginkan dan klik “Pesan”
  2. Masukkan data diri, lalu klik “Konfirmasi”
  3. Di halaman obligasi, klik “registrasi e-SBN”, kemudian klik “Konfirmasi”, dan klik “Selesai”
  4. Pastikan dana untuk pembelian sudah tersedia di rekeningmu. Masuk ke halaman “Obligasi”, lalu pilih “pesan”
  5. Pilih ”Bayar”, lalu pilih “Ya, lewat account Savings”, lalu klik “Konfirmasi” di halaman konfirmasi
  6. Halaman Konfirmasi akan muncul. Jika detil sudah benar, pilih “Selesai”


Dengan 5 penjelasan di atas, sekarang kamu sudah siap memulai investasi terbaik dengan membeli obligasi melalui Aplikasi digibank by DBS. Yuk daftarkan dirimu dan mulai nikmati imbalan obligasi setiap bulan!


Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /