Obligasi Pemerintah
06 Feb 2023

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Investasi Obligasi

Sebelum memilih instrumen investasi, pasti ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Termasuk saat Anda memutuskan untuk berinvestasi Obligasi Pemerintah. Dengan menerapkan tips-tips investasi tersebut, Anda pun bisa mendapatkan profit yang lebih maksimal saat berinvestasi.

Untuk memahami lebih jauh tentang tips-tips penting saat berinvestasi pada instrumen Obligasi, silahkan membaca ulasan lebih lengkapnya lewat artikel berikut. 

8 Hal untuk Dipersiapkan sebelum Investasi Obligasi

Sebelum memutuskan untuk terjun ke instrumen Obligasi, pertimbangkan beberapa tips penting berikut untuk bisa meraih keuntungan optimal. Berikut pembahasannya secara lebih menyeluruh.

●   Tujuan Investasi

Saat ingin berinvestasi, tentukan tujuan investasi Anda lebih dulu. Pada dasarnya, setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda, sehingga jenis instrumen investasi yang dipilih pun tentu akan berbeda. Ada yang ingin berinvestasi jangka panjang, ada pula yang memiliki tujuan investasi jangka pendek.

●   Profil Risiko

Tips penting berikutnya ialah dengan memahami profil risiko yang Anda miliki. Apakah Anda merupakan tipe investor agresif atau moderat. Jika Anda adalah seorang risk taker, maka tak ada salahnya untuk berinvestasi pada Reksadana Saham.

Namun, jika masih ragu untuk mengalokasikan dana Anda untuk berinvestasi, silahkan memilih jenis instrumen investasi yang rendah risiko seperti Obligasi. Obligasi Pemerintah adalah produk investasi yang termasuk aman karena memiliki risiko rendah di tengah kondisi pasar yang tidak stabil.

●  Jenis Aset yang Digunakan

Anda juga wajib memahami jenis-jenis aset yang akan digunakan. Saat memilih instrumen Obligasi atau Reksadana Pasar Uang, maka aset yang digunakan adalah jenis surat utang. Hal ini penting untuk dipahami agar Anda juga mengetahui sumber return yang didapatkan saat berinvestasi.

●  Sumber Pendapatan

Kemudian, Anda juga wajib mempertimbangkan sumber pendapatan dari instrumen investasi yang dipilih. Untuk jenis Obligasi sendiri akan menawarkan kupon reguler atau pendapatan tetap dari surat utang yang dikeluarkan oleh penerbit. Investor Obligasi pun akan mendapatkan kembali modal pokok setelah waktu jatuh tempo tiba.

●  Fitur yang Ditawarkan

Setiap instrumen investasi umumnya akan menawarkan fitur yang berbeda-beda. Saat ingin berinvestasi, pastikan untuk memilih fitur yang menarik dan sesuai dengan tipe investasi Anda.

Beberapa produk Obligasi yang ada saat ini umumnya memiliki sifat yang callable, di mana penerbit bisa mengambil lagi surat utang lalu membayar pokok pinjaman kepada investor sebelum jadwal jatuh tempo.

Namun, terdapat pula jenis instrumen investasi yang menawarkan fitur step up di mana tingkat kupon yang dimiliki oleh investor akan terus meningkat di tanggal yang telah ditentukan sebelumnya. Sehingga potensi profit yang didapatkan oleh investor pun akan lebih besar.

●  Pihak Penerbit

Pastikan juga untuk mempertimbangkan pihak penerbit atau emiten surat utang yang akan dipilih saat berinvestasi. Hindari risiko gagal bayar karena pihak penerbit surat utang tidak bisa membayarkan kupon atau nilai pokok investasi pada investor.

Obligasi Pemerintah adalah pihak penerbit surat utang yang lebih banyak dipilih oleh para investor karena dianggap lebih aman. Selain diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan, surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintah juga memiliki risiko yang lebih rendah.

Untuk menghindari kasus gagal bayar seperti yang dialami oleh banyak investor lainnya, maka Anda dapat berinvestasi lewat Obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah. Dengan begitu, Anda pun akan merasa lebih aman dan tentu saja nyaman saat berinvestasi.

●   Klaim Aset

Setiap instrumen ataupun produk investasi tentu saja memiliki risikonya masing-masing. Oleh sebab itu, pilihlah instrumen investasi yang menawarkan klaim aset untuk para investornya.

Saat penerbit Obligasi gagal membayar Anda atau tiba-tiba mengalami kebangkrutan, maka hak menerima penjualan aset akan diprioritaskan kepada para investor.

Hal seperti ini sangat penting untuk dipahami oleh setiap investor. Dengan demikian, Anda tetap berhak mendapatkan keuntungan jika memang terjadi gagal bayar di kemudian hari.

●  Waktu Jatuh Tempo

Jangan lupa juga untuk memperhatikan jadwal waktu jatuh tempo surat utang yang Anda pilih saat berinvestasi. Waktu jatuh tempo perlu Anda sesuaikan dengan tujuan investasi. Sehingga Anda pun bisa terhindar dari risiko kerugian.

Umumnya, setiap instrumen dan produk investasi menawarkan jadwal waktu jatuh tempo yang beragam. Ada yang berdurasi satu tahun, dua tahun bahkan lima tahun. Semakin singkat durasi jatuh tempo yang ditawarkan, maka semakin rendah risiko yang dihadapi jika dibandingkan dengan durasi jatuh tempo yang lebih lama.

Keuntungan Berinvestasi pada Instrumen Obligasi Pemerintah

Meskipun memiliki risiko, berinvestasi lewat Obligasi juga menawarkan berbagai keuntungan untuk para investor. Berinvestasi pada instrumen Obligasi akan memberikan keuntungan berupa pendapatan tetap dari kupon bunga secara periodik yang sudah ditetapkan oleh pihak penerbit.

Jika dibandingkan dengan bunga Deposito ataupun BI Rate, Obligasi menawarkan bunga yang lebih tinggi. Tak hanya itu saja, jadwal jatuh tempo dari Obligasi juga akan menentukan besar bunga yang diberikan untuk investor.

Dari segi capital gain atau selisih penjualan Obligasi, keuntungan akan diperoleh saat investor menjual Obligasi di pasar sekunder. Umumnya, jual beli Obligasi dinyatakan dalam bentuk persentase.

Sebagai contoh, harga pokok Obligasi berada di harga Rp1 juta. Saat dilakukan jual beli di pasar sekunder, harganya pun akan naik menjadi 110 persen atau dengan kata lain, nilai Obligasi tersebut akan mencapai harga Rp1,1 juta.

Investasi Obligasi Menjadi Lebih Mudah Bersama DBS Treasures

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat memilih perbankan prioritas DBS Treasures untuk mitra berinvestasi. Berikut adalah beberapa keunggulannya yang perlu Anda ketahui sebagai seorang investor.

●  Tersedia Kupon Reguler

Obligasi di DBS Treasures memberikan penawaran berupa kupon reguler yang akan dibayarkan secara berkala sepanjang periode investasi.

●  Terdapat Potensi Capital Gain

Beberapa jenis Obligasi bisa dijual kapan pun bahkan sebelum jadwal waktu jatuh tempo. Selain itu, investor juga akan diberikan potensi keuntungan dari kenaikan harga Obligasi.

●  Tersedia Kupon Kompetitif

Para investor juga berhak mendapatkan tingkat kupon yang kompetitif di atas rata-rata bunga Deposito Berjangka.

●  Tidak Ada Biaya Tambahan

Para investor tidak dikenai biaya tambahan apa pun. Hanya terdapat spread atau selisih antara harga jual dan harga beli (bid dan offer).

● Transaksi 24/7

Anda bisa mengakses beragam jenis produk Obligasi yang dapat diperjualbelikan lewat Aplikasi digibank by DBS. Menarik, bukan?

Sudah siap untuk mengalokasikan sebagian dana Anda lewat instrumen Obligasi Pemerintah? Segera berinvestasi melalui DBS Treasures yang akan menghadirkan insight terkurasi sesuai profil risiko, sehingga Anda dapat yakin mengambil keputusan dengan solusi khusus untuk Anda. Untuk informasi lebih lanjut terkait investasi Obligasi, silahkan mengunjungi tautan berikut https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/structured-product/investing-in-bonds.